-->

4# Langkah Membuat Sub Domain Blogspot Tanpa Hosting

Sub-domain merupakan domain turunan dari domain utama.  Untuk contoh domain utama maduracity.com. Untuk membuat sub-domain kita akan menambahkan kata diawal domain utama. Sehingga menjadi news.maduracity.com.

Untuk apa sub-domain ini? 

Sub-domain ini bisanya digunakan untuk membuat blog dengan niche atau topik pembahasan yang berbeda. Tujuanya, supaya blog utama tidak menjadi blog gado-gado yang membahas berbagai topik. Sehingga dibuatlah domain turunan, atau yang kita kenal dengan sub domain pada blog

Apakah Sub-domain ini membutuhkan hosting? 

Jawabanya tentu tidak. Bagi anda yang menggunakan platform blogspot dapat membuat sub-domain ini langsung menggunakan panel dari tempat anda membeli domain. 

Pengertian Sub Domain Beserta Fusnginya

Langkah Membuat Sub Domain Blogspot Tanpa Hosting
Langkah Membuat Sub Domain

Sub-domain merupakan domain turunan dari domain utama. Sehingga menjadi domain 2,3,4,5 dan seterusnya. Biasanya, sub-domain digunakan oleh pemilik domain untuk memisahkan kategori yang memang berbeda niche atau topik pembahasan. 

Sud-domain juga sering digunakan oleh beberapa perusahaan (compeny) / perorangan untuk membuat blog yang dipisahkan dengan website. Sehingga akan menghasilakn website kelihatan profesional. 

Contohnya : 
domainesia.co.id yang domain utama yang digunakan untuk berjulan layanan jasa hosting dan domain. Sedangkan sub-domain yang dibuatnya adalah blog.domainesia.co.id yang digunakan untuk postingan tips, dan beberapa panduan dari jasa yang ditawarkanya. 

Dengan gambaran di atas kira-kira sudah faham ya seperti apa sub domain beserta fungsinya untuk blog. kelebihan subdomain dari blog bisa anda jadikan sebagai blog kedua, ketiga dan seterusnya, bаnуаk penyedia hosting gratis maupun berbayar yang bisa anda gunakan.

1. Cara Membuat Sub Domain Tanpa Hosting 

Google Domain 
Disini admin menggunakan domain google yang saya order langsung dari google, Bila anda belum memiliki domain google bisa langsung order di Google Domain

Selanjutnya, jika sudah terdaftar dan membeli domain di google, buat blog baru untuk di jadikan blog utama yang akan menggunakan domain induk google tersebut, Baca : cara lengkap setting google domain di blogger

2. Buat Blog Utama (Blog Domain Induk) 

Blog / Domain Induk

Blog utama yang menggunakan domain induk disini adalah www.maduracity.com. perhatikan pada bagian link yang sudah saya berikan tanda panah 

di blog utama ini, admin isikan tips dan trik wisata, kuliner, intinya semua yang bersangkutan dengan travel admin posting di blog ini.

disini anda bebas, bisa mengisi blog/domain induk dengan niche apa saja, bergantung pada hobby jangan pernah memaksakan sesuatu yang bukan passion.nya.

3. Buat Blog Kedua (Blog Sud-Domain)

Buat Blog Kedua 
Slesai membuat blog utama, silakan anda buat blog kedua yang nantinaya akan kita setting menggunakan sub-domain.

Klik pada bagian blog baru, isikan judul blog, dan isikan nama link sesuai blog,
Pilih link paling Bawah 

Untuk contoh di atas admin membuat subdomain, tekno.maduracity. secara otomatis google akan merekomendasikan subdomain tersebut, silakan anda pilih pada bagian link barisan palink bawah.

perhatikan pada gambar di atas yang saya berikan panah merah

  • Judul : Tekno Madura City 
  • Link : tekno.maduracity.com

4. Tunggu 5 Menit 

Blog dengan menggunakan subdomain tidak langsung bisa aktif sama seperti saat kita membuat blog dengan alamat blogspot. Tunggu hingga  5 menit bahkan bisa lebih, bisanya blog sudah siap untuk di akses.

Jika kita lihat langsung pada bagian google domain, kita akan melihat beberapa blog yang menggunakan domain utama,
Domain Google Panel 
Sampai tahap ini anda sudah sukses membuat blog dengan subdomain tanpa hosting, kiranya cukup untuk tutorial Cara Mudah Membuat Sub Domain Blogger Tanpa Hosting yang bisa saya bagikan.
Jika ada yang masih belum di mengerti untuk langkah-langkah membuat subdomain di atas, bisa berikan komentar di bawah artikel ini. 

2 komentar

  1. Anonim
    Baru tau kalau blogger juga bisa pakai subdomain tanpa hosting... Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat
  2. Abdul Basith
    Ya mas bisa