-->

Panduan Belajar Blog Lengkap Untuk Pemula Hingga Mahir

Bagi pemula, Belajar menjadi seorang blogger masih dianggap hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang awam. Untuk itu kami menuliskan beberapa langkah paling mudah belajar blog untuk pemula hingga mahir dan ini gratis.

Wawasan dalam dunia blogger sangatlah luas, Tidak hanya sebatas anda menuliskan konten lalu mempublikasikanya, Melainkan anda juga belajar bagaimana cara untuk mendatangkan pengunjung blog agar nantinya tulisan yang dibuat memiliki banyak pembaca.

Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, Disini admin akan menjelaskan sedikit beberapa hal yang paling umum dalam dunia blogger.

Apa itu Blog ?

Panduan Belajar Blog Lengkap Untuk Pemula
Panduan blog untuk Pemula

Blog adalah media online yang memberikan beragam informasi serta menampilkan beberapa tulisan postingan terbaru pada sebuah laman.

Postingan atau artikel yang dibagikan melalui sebuah blog terus diperbarui secara berkala. Baik melakukan update postingan atau menerbitkan tulisan yang baru dibuatnya.

Bisanya sebuah blog dikelola oleh satu orang (individu) atau sekelompok kecil user. Meski ditulis oleh banyak orang, Biasanya blog akan terus fokus pada pembahasan atau opini topik yang sama dengan yang sebelumnya sudah dibahas.

Fungsi dan kegunaan Blog

Fungsi dan kegunaan blog
Fungsi dan kegunaan blog

Ada banyak alasan mengapa orang/perusahaan membuat dan memiliki sebuah blog, Sebagai contoh saja dulunya admin membuat blog dikarenakan hobi menuangkan beberapa ide yang mungkin dapat direalisasikan oleh orang lain atau hanya sekedar berbagi cerita saja.

Ada juga beberapa orang yang membuat blog untuk dijadikan sumber profesi sampingan, Bahkan memang ada yang membuat sebuah blog untuk dijadikan penghasilan utamanya.

Ada juga yang membuat blog hanya untuk menuangkan hobinya dalam menulis cerita, dan masih banyak lagi alasan orang-orang membuat blog.

Secara garis besar dari beberapa kasus di tahun 2021 ini orang-orang membuat blog hanya untuk dijadikan alat / bahan bisnis.

Its Oke. Semua terserah anda tujuan membuat blog ini nantinya untuk apa?

Apa itu Blogger ?

Apa itu Blogger
Siapa itu Blogger?

Blogger adalah orang yang mengelola sebuah blog dengan membagikan beberapa ide-ide keren melalui tulisan yang dipublikasikan pada sebuah blog.

Banyak tujuan yang ingin diraihnya, Baik untuk menguntungkan diri sendiri atau perusahaan tempat ia bekerja.

Banyak juga para blogger yang menjadikan blog ini sebagai profesinya. Sebut saja Raditya Dika yang merupakan seorang blogger terkenal dengan beberapa tulisan ceritanya sebelum ia berkarir di dunia komedian dan youtuber.

01

Panduan Memilih Niche Blog

Niche blog adalah sebuah topik pembahasan dalam laman website atau blog. Misalnya blog/website yang kamu buat niche teknologi.

Nantinya blog tersebut akan berisi konten-konten yang membagikan tentang seputar teknologi.

Bagi anda yang baru mengenal dunia blogger pastinya masih merasakan bingung untuk dapat menentukan niche blog apa yang akan dibuat. Untuk itu

Baca Selengkapnya : Memilih niche Blog Terbaik Untuk Pemula

02

Panduan Membuat blog Gratis

di tahun 2021 masih belum membuat buat blog? Dan masih ikutan blog orang lain untuk bisa nulis? Sangat disayangkan. Padahal loh, blog itu gratis dan banyak manfaatnya.

Kamu bisa menjadi terkenal dengan karya tulisan yang sudah dipublikasikan pada suatu blog, Tulisan yang sudah kamu buat tadi bisa dibaca oleh seluruh orang di dunia yang mengakses internet.

Baca Selengkapnya : Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger / Wordpress

03

Panduan Setelan Blogger

Setelah belajar membuat blog sendiri secara gratis Langkah selanjutnya adalah setting SEO Blogspot yang baru dibuat agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari google.

Tak hanya google saja, SEO juga mencangkup seluruh mesin pencari lainya seperti Bing, Yahoo, dan Yandex.

Baca Selengkapnya : Setelan Dasar Optimasi SEO Blogger

04

Panduan Menggunakan Editor Post

Dalam menulis sebuah postingan blogger menyediakan editor khusus untuk dapat memudahkan penggunanya dalam menulis.

Pada editor post blogger ini ada beberapa komponen beserta tombol penting yang harus terlebih dahulu dipahami untuk seorang pemula.

Baca Selengkapnya : Fungsi Editor Postingan Blogger Untuk Pemula

05

Panduan Menggunakan Link

Hal yang terpenting pada poin lima ini adalah mengenal fungsi dari perbedaan dua link, Yang peratama link nofollow dan yang kedua ada link doFollow.

Sebaiknya gunakan kedua format link tersebut seoptimal mungkin, Karena jika anda menggunakan link dofollow pada semua website akan mempengaruhi spam score blog anda.

Baca Selengkapnya : Fungsi Link NoFollow dan DoFollow

06

Kegunaan Webmaster Tools

Fungsi dari Webmaster tools ini adalah memberikan data statistik kinerja situs mulai dari hari, bulan, tahun, dan semua data dikumpulkan menjadi satu di dalamnya.

Selain Kegunaan untuk mengumpulkan data Webmaster Tools juga digunakan untuk mempercepat index postingan yang baru dibuat supaya dapat terindex lebih cepat oleh google.

Baca Selengkapnya : Fungsi dan Manfaat Webmaster Tools Untuk Blog

07

Panduan Mendaftar Webmaster Tools

Bagaimana cara agar lebih cepat terindex mesin pencari google..? jawabanya adalah menggunakan webmaster tools yang dulunya dikenal search console. Lalu bagaimana cara mendaftarkan blog kе google Search Console?

Banyak pertanyaan semacam іnі уаng datang dari para pemilik blog, Baik pengguna blogspot atau pengguna wordpress. Karena keinginan semua para blogger blog yang mereka kelola bisa masuk di halaman pertama (Page One).

Cara Daftarkan Blog Ke Webmaster Tool merupakan teknik SEO yang paling banyak di lakukan oleh para blogger. Hal ini menjadi sudah menjadi kewajiban bagi seorang blogger yang menginginkan postingan cepat diindex oleh google.

Baca Selengkapnya : Daftarkan Blog di Webmaster Tools

08

Panduan Add Sitemap di Webmaster Tools

Sitemap Di Webmaster Tool berfungsi untuk proses pengindeksan blog/website oleh algoritma google menjadi lebih efisien dan lebih cepat bila dibandingkan dengan blog yang tidak didaftarkan.

Untuk blog wordpress biasanya menggunakan plugin seo seperti yoast seo, all in one seo, dll. plugin tersebut dapat langsung membuatkan sitemap secara otomatis kepada webmaster tools, bing, yahoo, yandex.

Bagi yang menggunakan blogger atau platform blogspot, kita harus mendaftarkan secara manual kepada webmaster tool.s

Baca Selengkapnya : Membuat Sitemap Blog di WebMaster Tools

09

Panduan Mempercepat Postingan di Indek Google

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat postingan di index google. Salah satunya adalah submite url artikel di Google webmaster tools.

Dalam hitungan 1 sampai 5 menit saja postingan yang sudah dirilis akan langsung di index oleh mesin pencari google.

Baca Selengkapnya : Panduan Mempercepat indek Postingan di Seach Engine Google

10

Memahami Konsep Dasar SEO

Secara sederhana manfaat dan cara kerja konsep seo dasar adalah mengoptimasi website atau blog kita agar mudah ditemukan di mesin pencari.

Sehingga jika website kita sudah teroptimasi dengan baik akan memudahkan tulisan yang sudah dibuat berada di urutan utama google yang kita kenal dengan istilah page one.

Baca Selengkapnya : Konsep Dasar Cara Kerja SEO

11

Panduan Optimasi SEO On Page

Menjadi seorang blogger tidak akan lepas dari istilah optimasi seo pada blog ataupun website. Seo (Search Engine Optimization) merupakan cara dan upaya yang dilakukan untuk blog agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti google, bing, ataupun yahoo dan yandex.

Update teknik seo terus akan diperbarui oleh google. blog dengan postingan Optimasi seo terbaru 2021 pasti sangat berbeda jauh dengan teknik seo sebelumnya. Salah satunya adalah optimasi seo on page yang berarti optimasi yang dilakukan di halaman tersebut.

Baca Selengkapnya : Optimasi SEO On Page

10 komentar

  1. Jalil Murtadho
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  2. Reduso.com Online Business
    Penjelasan yang sangat lengkap dan mudah dimengerti, membuat blog tak sesulit yang dibayangkan, thanks kak
    • Basith ID
      Sama sama
  3. Kontraktor permainan rainbow slide
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
    • Basith ID
      Mohon untuk menggunakan atitude, Silakan promo apa saja boleh... Tapi sebelum promo di parakraf awal harus berkomentar yang sesuai dengan konten....
  4. Kontraktor permainan rainbow slide
    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
  5. Alghazali
    Bang, kalo boleh tau theme blog ini make apa bang?
    • Basith ID
      Fletro Pro
  6. asepriadis
    mantap bang ilmunya, ijin mengikuti bang