-->

10 Tahun Perjalanan Menjadi Blogger

10 tahun perjalanan menjadi blogger bukanlah hal yang mudah untuk dilalui melainkan banyak cerita dan tantangan yang harus dilewati...

Haiii guys, Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman pembaca Blog Basith ID. Blog ini tidak memiliki banyak konten, tidak juga berkualitas tinggi dan juga tidak pula menjadi sumber referensi yang 100% akurat.

Akan tetapi semua konten yang dimuat di Basith ID merupakan konten original yang ditulis dari pengalaman pribadi sejak 2014 lalu hingga tulisan ini dipublikasikan.

Jika semisal ada ketidaksamaan dengan beberapa konten yang ada di internet tentu hal ini menjadi sah saja dikarenakan setiap orang memiliki sudut pandang dan caranya masing-masing.

Terlebih kita berbicara dunia blogger, dimana blogger ini memiliki banyak tips dan trik yang unik sesuai dengan kreativitas pemiliknya.

Saran saya untuk kamu yang terjun di dunia blogger banyak-banyak mencari referensi dan bereksperimen sesuai dengan pemahaman yang di dapat.

Awal Mengenal Blogger

Mulai mengenal Blogger pada tahun 2012 lalu, Saat itu saya duduk dibangku SMA XII yang kebetulan diberi tugas untuk membuat blog dan mempublikasikan tulisan.

Singkat cerita lulus SMA melanjutkan pendidikan sarjana di “Universitas KH.Wahab Hasbullah Tambak Beras Jombang”. Akhir semester 1 di ajari tentang blogger seperti jenis-jenis blog, mengedit template dan juga custom domain menjadi Top Level Domain (TLD).

Sampai sini kok rasa-rasanya saya memiliki ketertarikan di dunia blogger ya…? Barulah cari tahu di internet tentang Keuntungan & Manfaat dari Blogger itu apa saja.

Buka Google > saya ketikan “Keuntungan Yang di Dapat dari Blogger”. Hasil yang di tampilkan google di tahun itu tentang berita “Raditya Dika yang menghasilkan ratusan juta per bulan dari bloggernya”.

Orang desa pedalaman seperti saya ini, Kalau udah denger nominal pastinya langsung semangat menggebu-gebu dikiranya bisa mendapatkan uang dari blog itu mudah.

Keesokan harinya, saya langsung telpon kakak untuk minta dibelikan buku tentang Panduan Blogger untuk pemula”.

Tapi sayangnya kakak juga tidak tahu tentang buku yang saya maksud, Lalu meminta saya untuk pulang sebentar ke madura dan pergi bareng-bareng mencari buku di surabaya.

Bukanya cari buku di Gramedia, Tapi malah cari bukunya di jalan semarang yang merupakan tempat Buku Bekas Terbesar di Surabaya.

Sampai di lokasi, Saya dan juga kakak langsung mencari di tumpukan buku bekas yang ada di sana, Anehnya gak pake lama bisa langsung menemukan buku tersebut dengan harga 16rb saja.

Berbekal dari buku bekas seharga 16RB ini saya membayangkan bisa mendapatkan penghasilan perbulan, bisa membeli HP bagus, bisa beli sepeda motor, bisa beli mobil dan bahkan bisa beli rumah.

Memulai Blogger

10 Tahun Menjadi Blogger
Basith ID 

Memberanikan diri untuk menjadi blogger pada tahun 2014 lalu, Merasa memiliki petunjuk di dunia blogger melalui buku yang saya beli, Udah tuh saya baca, lalu praktekin semua yang ada di dalam buku tersebut.

Ternyata isinya hanya menjelaskan panduan tentang cara membuat blog, mengedit template, custom domain, dan setelan blogger saja. Dimana langkah-langkah tersebut sudah saya pelajari di perkuliahan.

Meski buku tersebut tidak memiliki banyak informasi yang saya dapat akan tetapi di akhir buku bisa memberikan petunjuk yang kira-kira begini :

“Buat kamu yang sudah menyelesaikan praktik dari buku ini kami sarankan untuk mempelajari tentang teknik SEO dan juga Adsense. Untuk informasinya kamu bisa searching di internet dan jangan lupa untuk membuat postingan secara konsisten”

Sampai sini saya berkomitmen untuk konsisten membuat postingan setiap hari bagaimanapun caranya. Mau sesibuk apapun, Mau postingan copy paste, pokoknya yang terpenting up to date buat postingan terus setiap hari.

Selesai membuat postingan, Sebelum tidur sudah pasti membaca dan mencari referensi dan informasi tentang teknik SEO, Teknik Adsense, dan Konten yang akan dipublikasikan ke esokan harinya.

Bangun tidur langsung mempraktekan teknik yang dipelajari dari internet semalem dan menerapkanya pada postingan terbaru yang dibuat.

Hal ini terus berjalan hingga 4 bulan lamanya. Sampai pada akhirnya memutuskan untuk membuat blog baru.

Membuat Blog Baru

Seperti orang awam pada umumnya, Banyak kesalahan yang saya lakukan dalam membangun blog pertama tersebut sehingga mempersulit proses pendaftaran ke google adsense.

Setelah itu, Saya memutuskan untuk membuat blog baru dan berkomitmen untuk mempublikasikan tulisan original bukan lagi hasil dari copy paste dari website ataupun blog orang lain.

Alhamdulillah dikarenakan sudah terbiasa di depan laptop selama 4 bulan dari pengalaman blog pertama membuat saya tidak malas untuk membuat postingan original dan berlama-lama di depan laptop.

Blog kedua yang saya bangun ini fokus membahas 1 niche pembahasan saja. Bagi yang belum paham dengan istilah niche blog silakan baca artikel lengkapnya di bawah ini.

Udah kelar tuh bangun blog ke-2 langkah selanjutnya saya daftarkan ke google adsense setelah blog berumur 4 bulan untuk di monetisasi supaya mendapatkan penghasilan perbulan dari google.

Daftar Google Adsense

Dulu itu blogger yang menggunakan sub-domain blogspot bisa mendaftarkan blog-nya ke google adsense setelah usia 3 bulan. Untuk contoh blogger yang menggunakan sub-domain seperti blogspot dan wordpress yang belum menggunakan self hosting.

Dibulan ke 4 baru saya ajukan pendaftaran ke google adsense dan baru di ACC setelah pengajuan ke-2 dan baru bisa mendapatkan gajian pertama dari google adsense setelah 6 bulan kemudian.

Jadi kalau dikalkulasi dari blog pertama dan blog kedua ini saya baru bisa mendapatkan penghasilan dari blogger setelah menjalani 10 bulan.

Dikarenakan blog yang saya bangun kedua ini masih menggunakan blogspot sehingga akun adsense yang saya dapat merupakan akun adsense hosted.

Jadi dulu itu di tahun 2014 ada 2 jenis akun adsense.

  • Adsense Hosted
    adalah akun adsense yang didaftarkan menggunakan blog gratisan seperti blogspot dan wordpress.

  • Adsense Non Hosted
    Adalah akun adsense yang didaftarkan menggunakan domain TLD (Custom Domain).

Kelas tertinggi akun adsense adalah akun adsense Non Hosted. Kelebihan memiliki akun ini bisa menambahkan banyak situs tanpa harus mengajukan permohon lagi ke google adsense.

Karena keinginan untuk memiliki akun adsense Non Hosted akhirnya saya putuskan untuk menjual blog ke-2 dan membangun blog ke 3.

Menjual Blog Ke-2

Dikarenakan tergiur dengan fitur adsense non hosted maka saat itu saya memutuskan untuk menjual blog kedua beserta akun adsense.

Waktu itu harga blog dan adsense masih cukup terjangkau, Setelah saya promosikan di group facebook terjual di harga 1.800.000.

Uang hasil dari menjual blog + Adsense ini saya gunakan untuk membeli domain .com yang tujuanya nanti biar bisa mendapatkan akun adsense Non Hosted.

Uang udah ada nih, Wiiih udah tuh beli domain .com dan membangun blog ke-3 untuk melanjutkan perjuangan di dunia blogger.

Membangun Blog Ke-3

Waktu membangun blog ketiga ini, Kebetulan banget pada saat itu tanggal dan bulan kelahiran saya. Dikarenakan ini juga sampai sekarang saya terbiasa membeli domain baru dan membuat blog baru setiap ulang tahun. “Tidak untuk ditiru cuman untuk bahan curhat aja”

Saat membangun blog ketiga ini konsisten membuat konten dan mempublikasi tulisan tapi sampai 1 tahun lebih belum mendapatkan gaji pertama dikarenakan saldo adsense masih di 700rb sedangkan syarat untuk menerima pembayaran adsense minimal saldo 1.300.000.

Gak tau kenapa kok susah banget menaikan trafik saat menggunakan domain top level di blog ke-3 ini.

Setelah saya lihat di kalender dari proses pertama berkomitmen menjadi blogger hingga di titik ini ternyata sudah 2 tahun berlalu.

Saya berfikir ya sudahlah, Mungkin sudah saatnya untuk berhenti menjadi blogger dan membiarkan blog ketiga tersebut terbengkalai selama 4 bulan.

Dibulan ke empat setelah saya berhenti nge-blogger ini ada kejutan yang tidak pernah saya bayangkan.

Sehabis pulang kuliah mampir ke Mesin ATM terdekat, Harusnya saldo tersisa 300rb saja tapi pas ngambil uang ternyata ada dana masuk sebesar 6.400.000.

Panik dooong karena ada uang besar masuk ke rekening, Udah tuh saya cek di mutasi uang masuk ternyata pengirimnya dari CDN ADSENSE ASIA PASIFIK.

Auto seneng dong yang tadinya mengambil uang niat ngopi tapi saya Langsung pulang > buka laptop > Buka dashboard adsense ternyata benar dana tersebut dari adsense blog ketiga yang saya bangun.

Saya buka dashboard blogger dan lihat di halaman statis ternyata ada satu postingan yang menjadi trending topik yang bisa mendatangkan pengunjung 10rb pageview per harinya.

Nah sejak saat itu saya kembali menulis dan membuat konten - konten yang bermanfaat sampai sekarang dan seterusnya insyaallah.