-->

Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik Untuk Meningkatkan Penghasilan

Tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi iklan Google Adsense menjadi salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi pendapatan penerbit.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas apa itu Google Adsense, cara mendaftar Google Adsense, dan tips cara mendapatkan persetujuan pendaftaran Google Adsense.

Nah, untuk menambah wawasan Anda, kali ini kami akan memberikan pembahasan lebih mendalam mengenai strategi penayangan iklan Google Adsense agar mendapatkan banyak klik pengunjung.

Tidak dapat dipungkiri bahwa lokasi iklan Google Adsense menjadi salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi pendapatan penerbit.

Oleh karena itu, sebagai blogger atau web developer tentunya kita harus memberikan perhatian khusus untuk memaksimalkan efek klik iklan saat pengunjung sedang sepi.

Lantas, apa saja langkah-langkah mengoptimalkan penempatan iklan Google Adsense Anda yang terbaik dan efisien? Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak poin-poin pembahasannya.

Tips Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik Untuk Meningkatkan Penghasilan 

Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik Untuk Meningkatkan Penghasilan 

Merujuk pada peraturan dan kebijakan Google (Terms of Service), sebenarnya ada banyak tempat yang bisa ditempatkan unit iklan Google Adsense untuk meningkatkan potensi pendapatan.

Namun apakah pendekatan ini berhasil bila diterapkan pada situs web Anda? Buktikan sendiri dengan panduan di bawah ini.

1. Memasang Iklan Otomatis dari Adsense

Yang pertama penempatan iklan adsense terbaik adalah memberikan otorisasi adsense untuk menempatkan iklan yang menurut adsense berpotensi akan meningkatkan pendapatan. 

Jika blog anda memiliki cukup banyak pengunjung berikan akses adsense untuk menempatkan iklan di manapun yang ia mau. Untuk caranya berikut : 

  • Buka Google adsense > pilih pada bagian iklan > Pilih Situs. 
  • Copy skrip adsense > Edit html blog > Paste sebelum head. 

2. Dibagian Atas Sebelah Judul Blog 

Posisi teratas sebuah website biasanya sangat mudah dibaca. Khususnya pada bagian header yang disarankan identitas berupa logo atau nama blog.

Oleh karena itu, beberapa ahli sering menyarankan untuk memasang iklan yang panjang di sebelah kanan judul blog agar iklan tersebut lebih mudah dibaca oleh pengunjung.

Jenis iklan yang ditampilkan di bagian ini sebaiknya hanya terdiri dari gambar (bukan teks) agar lebih menarik perhatian.

3. Sepertiga atau di Tengah Artikel

Selain menempatkan iklan di bagian atas samping judul, menempatkan iklan di tengah artikel merupakan pilihan terbaik. Dalam peran ini, Anda akan menerima setidaknya dua manfaat dari menjalankan iklan Google Adsense.

Pertama, iklan Anda akan mendapat banyak perhatian dari pembaca Anda karena penempatan iklan Anda adalah salah satu hal yang mereka butuhkan.

Kedua, tampilan website terlihat lebih user-friendly karena gambar di dalam konten benar-benar mengaburkan iklan.

Sebagai mantan pemain Google Adsense yang terutama mengandalkan trafik lokal, program penempatan iklan di tengah artikel ini merupakan senjata andalan yang masih sangat berguna hingga saat ini.

4. Di Paragraf Kedua Postingan 

Kemudahan dalam mengakses sumber informasi melalui mesin pencari sedikit banyak menyebabkan pola membaca masyarakat menjadi lebih cepat dan gejolak.

Oleh karena itu, saat ini hanya sedikit kelompok yang masih lebih memilih membaca dan menelaah artikel secara detail dari awal hingga akhir. Melihat fenomena di atas, penerbit mulai memutar otak untuk meningkatkan keterbacaan iklan.

Nah, salah satu caranya adalah dengan memposisikan ulang iklan Anda agar otomatis muncul setelah paragraf pertama di setiap artikel yang ada.

Bagaimana? Anda bisa mencoba menggunakan plugin Ad Inserter atau Quick Adsense untuk mengatur penempatan iklan Google Adsense Anda di ruang kosong setelah paragraf pertama

Menarik bukan? Tapi bagaimana caranya? Jika Anda tertarik untuk mencoba memasang iklan di lokasi ini, salah satu plugin yang kami rekomendasikan adalah Ad Inserter.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan plugin Quick Adsense untuk mengatur penempatan iklan Google Adsense pada ruang kosong setelah paragraf pertama.

5. Di Akhir Postingan 

Untuk iklan di akhir artikel sangat disarankan untuk memilih jenis teks responsive dan gambar berukuran besar dan lebar.

Salah satu tujuannya adalah agar iklan muncul segera setelah pengunjung selesai membaca artikel atau ketika mereka menggulir ke akhir halaman.

Penempatan iklan Google Adsense di bawah artikel juga sedikit banyak menjadi favorit para blogger profesional karena dapat menjadi jalan keluar yang menguntungkan bagi pembaca setelah mereka terpengaruh oleh isi artikel tersebut.

Unit iklan Google Adsense yang banyak digunakan

AdSense menawarkan beberapa jenis unit iklan. Jika unit iklan Display tidak memenuhi kebutuhan situs Anda, coba gunakan salah satu unit iklan kami yang lebih dikhususkan:

Unit iklan Deskripsi
Display
  • Iklan yang menarik dan fleksibel serta dapat tampil di mana saja.
  • Iklan Display berperilaku responsif secara default, yaitu otomatis menyesuaikan ukurannya agar sesuai dengan tata letak halaman dan perangkat pengguna Anda.
  • Iklan ini dapat disesuaikan untuk menampilkan ukuran iklan tetap.
  • Iklan ini juga kompatibel dengan halaman AMP.
Dalam feed
  • Iklan native yang mengalir secara natural di dalam feed (misalnya, daftar artikel atau produk) yang menawarkan pengalaman pengguna yang baik.
Dalam artikel
  • Iklan native yang disisipkan dengan selaras di antara paragraf halaman dapat meningkatkan pengalaman membaca.
Iklan multipleks
  • Unit iklan berbasis petak yang menampilkan iklan native bergaya rekomendasi konten.
Mesin telusur
  • Mesin telusur yang didukung oleh Google yang menampilkan iklan dengan hasil penelusuran.

Kesimpulan : 

Inilah tips penempatan iklan Google Adsense terbaik yang menurut kami paling efektif untuk mendorong banyak klik.

Dengan penempatan iklan diatas ternyata efeknya cukup bagus lho! Misalnya, pendapatan bulanan seringkali cukup untuk menutupi biaya sewa hosting murah atau mentraktir teman makan malam.

Meski begitu, kinerja CPC dan CTR setiap pemain Google Adsense tentu tidak terpengaruh secara merata.

Pasalnya, selain penempatan iklan terbaik, besaran BID tertinggi setiap blog bagus juga berpengaruh besar.bagaimana menurutmu? Tertarik untuk mempraktikkan ilmu di atas? Atau Anda punya pertanyaan lain?