Cara Mudah Membuat Sub Domain Blogger Tanpa Hosting

Cara membuat sub domain tanpa hosting - arti dari subdomain merupakan domain turunan dari domain utama, Contoh domain utama pada blog (www.maduracity.com). Untuk sub-domain turunan, anda bisa menambahkan beberapa nama tambahan di depan domain utama yang dipisahkan dengan dot(.) untuk contoh sub domain (https://news.maduracity.com)

Untuk apa subdomain ini?
masih banyak yang belum mengerti tentang fungsi dari subdomain ini, subdomain biasanya digunakan untuk membuat blog lagi dengan konten yang berbeda. tujuanya, supaya blog utama tidak menjadi blog gado-gado yang membahas banyak topik di dalamnya. Sehingga dibuatlah domain turunan, atau yang kita kenal dengan sub domain pada blog

Apa Itu Sub Domain Pada Blog?

Cara Mudah Membuat Sub Domain Blogger Tanpa Hosting
Cara Mudah Membuat Sub Domain Blogger Tanpa Hosting 
Sub-domain merupakan domain turunan dari domain utama menjadi domain 2,3,4,5 dan seterusnya. Biasanya, sub-domain digunakan oleh pemilik domain untuk memisahkan kategori yang memang berbeda niche blog atau pembahasan.

Sud-domain juga sering digunakan oleh beberapa perusahaan (compeny) / perorangan untuk membuat blog / website yang dikelola tampak lebih profesional.

Contohnya seperti situs www.domainesia.co.id. ini merupakan domain utama yang digunakan untuk berjulan jasa hosting dan domain di indonesia. Untuk subdomain yang dibuatnya adalah www.blog.domainnesia.co.id

Dengan gambaran di atas kira-kira sudah faham ya seperti apa sub domain beserta fungsinya untuk blog, kelebihan subdomain dari blog bisa anda jadikan sebagai blog kedua, ketiga dan seterusnya, bаnуаk penyedia hosting gratis maupun berbayar yang bisa anda gunakan.

pada artikel ini admin tidak akan mengulas bagaimana cara membuat subdomain pada hosting akan tetapi cara membuat subdomain pada domain induk tаnра menggunakan hosting yang bisa anda gunakan pada blog nantinya.

Berikut ini adalah panduan setting Subdomain Blogger tanpa menggunakan subdomain

1. Pastikan Anda Menggunakan Domain Google 

Google Domain 
Disini admin menggunakan domain google yang saya order langsung dari google, Bila anda belum memiliki domain google bisa langsung order di Google Domain

Selanjutnya, jika sudah terdaftar dan membeli domain di google, buat blog baru untuk di jadikan blog utama yang akan menggunakan domain induk google tersebut, Baca : cara lengkap setting google domain di blogger

2. Buat Blog Utama (Blog Domain Induk) 

Blog / Domain Induk

Blog utama yang menggunakan domain induk disini adalah www.maduracity.com. perhatikan pada bagian link yang sudah saya berikan tanda panah 

di blog utama ini, admin isikan tips dan trik wisata, kuliner, intinya semua yang bersangkutan dengan travel admin posting di blog ini.

disini anda bebas, bisa mengisi blog/domain induk dengan niche apa saja, bergantung pada hobby jangan pernah memaksakan sesuatu yang bukan passion.nya.

3. Buat Blog Kedua (Blog Sud-Domain)

Buat Blog Kedua 
Slesai membuat blog utama, silakan anda buat blog kedua yang nantinaya akan kita setting menggunakan sub-domain.

Klik pada bagian blog baru, isikan judul blog, dan isikan nama link sesuai blog,
Pilih link paling Bawah 

Untuk contoh di atas admin membuat subdomain, tekno.maduracity. secara otomatis google akan merekomendasikan subdomain tersebut, silakan anda pilih pada bagian link barisan palink bawah.

perhatikan pada gambar di atas yang saya berikan panah merah

  • Judul : Tekno Madura City 
  • Link : tekno.maduracity.com

4. Tunggu 5 Menit 

Blog dengan menggunakan subdomain tidak langsung bisa aktif sama seperti saat kita membuat blog dengan alamat blogspot. Tunggu hingga  5 menit bahkan bisa lebih, bisanya blog sudah siap untuk di akses.

Jika kita lihat langsung pada bagian google domain, kita akan melihat beberapa blog yang menggunakan domain utama,
Domain Google Panel 
Sampai tahap ini anda sudah sukses membuat blog dengan subdomain tanpa hosting, kiranya cukup untuk tutorial Cara Mudah Membuat Sub Domain Blogger Tanpa Hosting yang bisa saya bagikan.
Jika ada yang masih belum di mengerti untuk langkah-langkah membuat subdomain di atas, bisa berikan komentar di bawah artikel ini.