-->

Panduan Belajar Google Adsense Lengkap Untuk Pemula

tutorial lengkap panduan belajar adsense untuk pemula yang tentunya akan dibahas secara tuntas sehingga dapat memudahkan anda...

Pembahasan ini Basith ID akan membagikan tutorial lengkap panduan belajar adsense untuk pemula yang tentunya akan dibahas secara tuntas sehingga dapat memudahkan anda dalam belajar google adsense blog. 

Dulu, pertama kali belajar blogger sempat kebingungan mencari referensi di internet tentang tahapan apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan untuk bisa mendapatkan gajian dari google adsense setiap bulanya. 

Sampai saat tulisan ini dibuat ternyata masih belum ada situs yang membahas trik adsense yang mengulas secara terstruktur tahapan belajar google adsense blog mulai dari A-Z secara bertahap. 

Dengan adanya tulisan ini, Tentunya kami berharap dapat memudahkan teman-teman blogger yang baru mengenal Google Adsense dan tidak lupa, tulisan ini kami buat dari pengalaman pribadi yang kami rangkum dari tahun 2014 hingga 2023. 

Jika terdapat data yang tidak sama dengan yang ada di internet silakan anda pertimabangkan sendiri, gunakan akal dan logika dalam menentukan mana tutorial yang benar-benar akurat. 

Apa itu Google Adsense Blog 

Panduan Belajar Google Adsense Lengkap Untuk Pemula
Panduan Belajar Google Adsense Lengkap Untuk Pemula 

Google AdSense Blog adalah program periklanan online yang disediakan oleh Google untuk pemilik blog dan situs web. Program ini memungkinkan pemilik blog atau situs web untuk menghasilkan uang dengan menampilkan iklan Google di halaman-halaman mereka.

Cara kerjanya adalah pemilik blog atau situs web mendaftar untuk menjadi mitra Google AdSense. Setelah disetujui, mereka dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan di situs mereka, seperti iklan teks, iklan gambar, atau iklan video. 

$ads{2}

Google kemudian akan memberikan kode iklan yang harus dimasukkan ke dalam halaman web. Ketika pengunjung mengklik atau melihat iklan tersebut, pemilik blog atau situs web akan mendapatkan penghasilan berdasarkan berbagai faktor, termasuk jumlah klik atau tampilan iklan.

Google AdSense Blog adalah cara populer bagi pemilik blog atau situs web untuk menghasilkan uang dari konten mereka tanpa harus menjual produk atau layanan sendiri. 

Program ini memungkinkan mereka untuk mendapatkan penghasilan dari iklan yang relevan dengan konten mereka, dan Google secara otomatis mengelola iklan dan pembayaran kepada mitra AdSense.

Penting untuk diingat bahwa untuk berhasil dengan Google AdSense, konten blog atau situs web harus mematuhi pedoman AdSense dan tidak boleh mengandung konten ilegal atau melanggar hak cipta. 

Selain itu, pemilik blog atau situs web perlu memastikan bahwa lalu lintas ke situs mereka cukup tinggi agar dapat menghasilkan penghasilan yang signifikan dari program ini.

Panduan Google Adsense Lengkap Untuk Pemula Hingga Mahir 

Belajar Google Adsense blog bisa dikatakan gampang-gampang sulit. Yah jika kami simpulkan secara singkat, Anda yang memiliki hobi nulis, membagikan tutorial sudah sangat berpotensi untuk bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense ini. 

Setidaknya sampai tulisan ini kami terbitkan, ada 10 tahapan yang harus dipersiapkan jika anda benar-benar mau belajar google adsense dan bisa mendapatkan penghasilan dari blog. 

Berikut hal-hal yang harus kamu penuhi : 

01

Memiliki Blog Yang Aktif

Langkah pertama, Mulai membuat blog entah itu menggunakan blog yang gratisan seperti blogspot dan wordpress ataupun bisa juga menggunakan blog dengan CMS custom yang dibuat sendiri jika anda seorang programer. 

Sampai tahun 2023 ini setidaknya ada 2 platform blogging yang paling populer diantaranya adalah : Blogspot dan Wordpress.

Bagi anda yang belum punya blog tenang saja, Membuat blog sendiri itu sangat mudah dan bisa lakukan oleh orang awam yang gaptek sekaligus dan ini gratis. 

Baca selengkapnya : Cara Membuat Blog Gratis


02

Memiliki Konten Artikel yang Bermanfaat Untuk Pembaca

Langkah kedua, Blog yang sudah dibuat harus memiliki konten atau artikel yang bermanfaat bagi pembaca. 

Jangan sesekali melakukan copy paste tulisan orang lain ke dalam blog karena hal ini nantinya akan mempersulit anda dalam mengajukan pendaftaran ke google adsense. 

Nah bagi anda yang baru mengetahui ketentuan ini, Silakan draf atau hapus artikel yang hasil dari copy paste tersebut sebelum mendaftarkan blog ke google adsense. 

Berikut ini : Cara membuat Artikel Yang Berkualitas


03

Memiliki Visitor atau Pengunjung Blog

Langkah ketiga, Jika anda sudah membuat artikel yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca pastinya akan mendapatkan visitor yang bersifat organik dari google. 

Hal dasar yang mesti diketahui untuk pemula yang belajar adsense blog adalah visitor. Setidaknya ada dua jenis visitor dalam penilain google : 

Visitor Organik :
Mendapatkan pengunjung blog dari google. 

Visitor Direct :
Mendapatkan pengunjung blog dari sosial media melalui link yang dibagikan. 

Dari kedua jenis visitor tersebut yang terbaik adalah visitor organik. Untuk bisa mendapatkan banyak visitor organik dari google anda bisa membaca postingan sebelumnya yang sudah kami buat. 

Baca selengkapnya : Cara Mendapatkan Visitor Organik dari Google


04

Cara Daftarkan Blog ke Google Adsense

Langkah keempat, Jika anda sudah memenuhi persyaratan dari point-1 hingga point-3 yang sudah kami sebutkan diatas langkah selanjutnya daftarkan blog ke Google adsense. 

Nah buat anda yang masih belum tahu tentang bagaimana cara mendaftarkan blog ke google adsense silakan baca artikel sebelumnya yang sudah kami buat melalui link dibawah. 

Baca juga : Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense


05

Membuat Unit Iklan Adsense Baru

Langkah kelima belajar adsense blog adalah membuat unit iklan baru dan memasangnya di blog. 

Mengapa harus membuat unit iklan baru? Hal ini bertujuan untuk mengetahui mana ukuran dan jenis iklan adsense yang yang cocok dengan tampilan blog yang anda gunakan. 

Baca selengkap : Cara Membuat Unit Iklan Adsense Baru


06

Menayangkan Iklan Adsense di Berbagai Tempat

Langkah keenam, Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari adsense anda harus menayangkan iklan adsense di berbagai tempat yang strategis di blog. 

Nah bagi anda yang masih bingung dimana tata letak iklan google adsense yang strategis silahkan baca artikel dibawah ini yang sebelumnya sudah kami buat. 

Baca juga : Praktik Terbaik Penempatan Iklan Google Adsense 


07

Cara Memperbaiki file ads.txt Adsense

Langkah ketujuh, jika memang blog anda memenuhi kriteria adsense harusnya langsung mendapatkan email dalam kurun waktu 2x24 jam atau 7x24 jam (seminggu) dalam kasus lainya ada juga yang hingga setengah bulan. 

Setelah mendapatkan email notifikasi approved adsense anda akan segera melihat iklan yang tayang di blog dan juga mendapatkan notifikasi fileads.txt berwarna merah. 

Hal ini tentu saja sangat wajar untuk akun adsense yang baru diterima, Cara untuk memperbaikinya silahkan baca melalui postingan di bawah ini. 

Baca juga : Cara memperbaiki fileads.txt adsense


08

Melakukan Verifikasi Rekening Untuk Pembayaran

Langkah delapan, Melakukan verifikasi rekening pembayaran google adsense. Notifikasi muncul setelah anda berhasil jika sudah mulai mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan di blog. 

Ada banyak jenis rekening yang dapat digunakan untuk mencairkan saldo dari google adsense ini di antaranya adalah : 

  • Bank BCA 
  • Bank BRI Bank 
  • Mandiri Bank BNI 
  • dan masih ada puluhan pilihan Bank Lainya 

Cara melakukan verifikasi pembayaran adsense ini bisa kamu pelajari di melalui postingan di bawah ini.

Baca juga : Cara Verifikasi Rekening BANK Adsense


09

Melakukan Verifikasi Identitas Diri

Langkah kesembilan, Melakukan verifikasi identitas diri. Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas resmi yang berlaku. 

Pada dasarnya di indonesia sendiri terdapat 3 identitas yang diakui secara internasional diantaranya : 

  • KTP (Kartu Identitas Penduduk) 
  • SIM (Surat Izin Mengemudi) 
  • Paspor 

Nah buat anda yang masih belum faham tentang ini, Kami juga sudah membuatkan artikel tentang cara verifikasi identitas adsense ini. 

Baca selengkapnya : Cara Verifikasi Identitas Adsense


10

Melakukan Verifikasi PIN Adsense

Langkah kesepuluh, Jika verifikasi identitas sudah berhasil selanjutnya google adsense akan mengirimkan anda PIN adsense melalui pos indonesia. 

Pastikan anda menerima surat PIN yang sudah dikirimkan adsense ke alamat yang sudah di isi dalam langkah verifikasi identitas di poin-9. 

Baca selengkapnya : Cara Verifikasi PIN Adsense

Nah itulah 10 tahapan panduan belajar adsense yang sudah kami rangkum untuk mempermudah teman-teman blogger dalam belajar blog Google adsense. 

Jika masih ada yang belum jelas dan bingung anda juga bisa berkomentar di postingan ini, dan kita diskusi tentang permasalahanya. #semangat.