-->

Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot

Cara membuat blog gratis sangatlah mudah, Hal yang paling sulit dalam dunia blog adalah ketika kamu harus dipaksa untuk bisa konsisten...

Berbicara tentang dunia blog tentunya sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga orang indonesia. Mulai dari kisah suksesnya raditya dika, tukang angon bebek dan beberapa blogger lainya membuat kita yang hobi menulis berambisi untuk menjadi seorang blogger.

Cara membuat blog gratis sangatlah mudah, Hal yang paling sulit dalam dunia blog adalah ketika kamu harus dipaksa untuk bisa konsisten menyajikan berbagai konten tulisan pilihan yang terbaik dan juga unik tentunya. 

Pada Pembahasan ini tentunya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang susah payahnya membangun sebuah blog dan menjadi seorang blogger sejati. 

Admin Basith ID pernah membuat artikel alasan berhenti menjadi blogger, Jika kamu penasaran bisa membaca postingan melalui link di atas. 

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot
Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogspot

Membuat blog secara gratis itu memang benar-benar gratis 100% dengan menggunakan blogspot. 

Bagi pengguna blogspot yang diharuskan membayar adalah pengguna yang hendak melakukan upgrade alamat blog menjadi custom DOMAIN TOP LEVEL. 

Selengkapnya kamu bisa membaca cara custom domain blog menjadi top level di postingan yang sudah kami buat melalui link diatas. 

Berikut langkah langkahnya : 

1. Buat Akun Gmail 

Saya pribadi selalu membuat akun email baru saat hendak akan membuat blog. Hal ini bertujuan untuk tetap menjadi profesionalitas tentang notifikasi pemberitahuan tentang blog. 

Rasanya risih saja jika semisal email blog harus bersamaan dengan email sosial media ataupun akun online shop. 

Terlebih amit-amit jika misal email tersebut terkena hack, Pastinya semua akan hilang dalam sekejap. 

2. Buka Laman Blogspot

Di Pencarian google, Ketikan saja blogger ataupun blog. Pada hasil pencarian utama klik untuk melanjutkan proses membuat blog. 

Blogger.com

3. Buat Blog

Jika google crome kamu menggunakan bahasa inggris, Klik tombol create blog yang berwarna orange seperti gambar dibawah ini. 

Create Blog

Nantinya kamu akan diarahkan kel halaman email yang akan digunakan sebagai blog. Gunakan email baru yang sudah dibuat atau juga bisa menggunakan email lama untuk melanjutkan. 

4. Membuat Nama Blog 

Tahap selanjutnya membuat nama blog. Untuk contohnya kami memberikan nama contoh blog basith ID. 

Membuat nama blog
Membuat nama blog

Kamu juga bisa menggunakan nama pribadi ataupaun nama brand tersendiri. Tipsnya membuat nama blog yang simpel saja agar supaya nantinya memudahkan orang lain menemukan blog kamu di hasil pencarian google. 

5. Membuat Link Alamat Blog 

Selanjutnya kamu buat alamat link khusus untuk bisa membuka blog kamu. Untuk contohnya kami membuat contohblogbasith.blogspot.com seperti gambar dibawah. 

Membuat alamat blog
Membuat alamat blog

Kamu bisa membuat alamat blog kamu menggunakan nama pribadi ataupaun nama brand yang kamu inignkan. Jika sudah klik saja berikutnya.

6. Membuat Nama Profil Publik 

Nama profile publik adalah nama yang akan ditampilkan ketika kamu membuat postingan nantinya. Untuk contoh ini kami memberikan nama profile Basith ID Blogger. 

Membuat Nama Profile Publik
Membuat Nama Profile Publik

Kamu bisa menggunakan nama apa saja, entah itu nama panggilan, nama samaran ataupun nama brand yang akan digunakan. 

Jika semuanya sudah dilakukan mulai dari step 1 hingga step 6 selanjutnya klik selesai dan kamu akan diarahkan ke laman dasboard blogger. 

Sampai tahap ini kamu sudah berhasil membaut blog baru secara gratis tanpa modal sepeserpun. Tahap selanjutnya setelah selesai membuat blog apa? 

Selanjutnya hal yang masih harus kamu selesaikan adalah membaut mengubah setelan blog kamu agar lebih seo.

01

Setelan Blogspot Pertama Kali Buat

Setelah belajar membuat blog sendiri secara gratis Langkah selanjutnya adalah setting SEO Blogspot yang baru dibuat agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari google.

Tak hanya google saja, SEO juga mencangkup seluruh mesin pencari lainya seperti Bing, Yahoo, dan Yandex.

Baca Selengkapnya : Setelan Dasar Optimasi SEO Blogger

02

Cara Menggunakan Editor Post di Blogspot

Dalam menulis sebuah postingan blogger menyediakan editor khusus untuk dapat memudahkan penggunanya dalam menulis.

Pada editor post blogger ini ada beberapa komponen beserta tombol penting yang harus terlebih dahulu dipahami untuk seorang pemula.

Baca Selengkapnya : Fungsi Editor Postingan Blogger Untuk Pemula

03

Cara Memasukan Link di Blogspot

Hal yang terpenting pada poin lima ini adalah mengenal fungsi dari perbedaan dua link, Yang peratama link nofollow dan yang kedua ada link doFollow.

Sebaiknya gunakan kedua format link tersebut seoptimal mungkin, Karena jika anda menggunakan link dofollow pada semua website akan mempengaruhi spam score blog anda.

Baca Selengkapnya : Fungsi Link NoFollow dan DoFollow