-->

Cara Membuat Artikel Berkualitas Yang Menarik Untuk dibaca

Menulis aritikel berkulitas tidak serta merta menulis penjelasan yang panjang lebar dan memberikan judul yang menarik saja.

Seorang blogger tidak dapat dipisahkan dengan kata menulis.Anak Blogger dituntut pandai menulis dan merangkai kata. 

Baik itu sebuah artikel tips dan trik, tutorial, tata boga, Game, Software, Komputer dan jenis blog lain sebagainya.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita mampu menguasai teknik menulis artikel yang berkualitas, Baik untuk mesin pencari ataupun untuk pengujung blog. 

Menulis aritikel berkulitas tidak serta merta menulis penjelasan yang panjang lebar dan memberikan judul yang menarik saja. 

Melainkan Menulis postingan berkulitas ini menyediakan beberapa referensi untuk sumber ilmu pengetahuan yang akan kita jabarkan nantinya pada pembahasan. 

Berikut ini hal-hal yang harus disiapkan sebelum membuat postingan blog. 

Baca Juga : Panduan Belajar Blog Lengkap

Cara Menulis Artikel Yang Menarik Untuk dibaca dan Bekualitas SEO

Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk dibaca
Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk dibaca

1. Menyediakan Referensi

Menyediakan referensi untuk menulis artikel memang sangat penting, karena tujuannya adalah untuk merangkum beberapa artikel pilihan yang menurut anda baik atau bisa anda terapkan. 

Biasanya saya hanya menyediakan 3-5 buah untuk dijadikan sumber referensi yang mana ketiga atau kelima buah judul tersebut akan saya lengkapi.

Misalkan saya ingin membuat judul penyebab trafik blog menurun, Maka saya harus mengumpulkan 3 buah judul artikel yang sama.

2. Riset Judul Postingan

Sebelum anda menulis artikel adalah menyediakan beberapa judul yang menurut anda menarik atau sering dicari orang, Seperti Panduan Lengkap Belajar Blog

Judul artikel tersebut sering di cari oleh pengguna internet di google. Apalagi orang yang baru ingin memulai dunia blogging. 

Dari mana saya bisa mengetahui bahwasanya judul tersebut memiliki banyak pencarian...? 

A. Ubersuggest

Ubersuggest adalah sebuah tools untuk riset beberapa kata kunci yang mana nanti akan anda jadikan sebuah postingan.

Setiap saya kehabisan ide untuk memberikan sebuah judul, maka yang saya lakukan adalah memanfaatkan tools gratisan yang bernama ubersuggest.

Cara menggunakan tools ubersuggest juga sangat mudah, bahkan blogger pemula saja dapat melakukannya.

Contoh:

Masukan kata kunci > Web > Indonesia > Klik suggest > Proses

Setelah itu banyak sekali kata kunci yang bisa anda jadikan sebuah judul, bahkan juduljudul yang tersedia bisa anda jadikan juga sebagai sub judul jika anda ingin mengembangkannya.

B. LSI "Latent Semantic Indexing"

Selain ubersuggest, menembak keyword dengan LSI juga bisa anda manfaatkan yang mana lsi ini bisa anda temukan di google sendiri ketika awal mengetikan kata kunci dan pada akhir kata kunci yang ditunjukan dengan tulisan "Penelusuran terkait dengan ... ... ..."

Letaknya pada bagian bawah mesin pencarian google.

Contoh:

Cara diatas sama saja dengan ubersugget. jika anda ingin menjadikan LSI Keyword

tersebut menjadi sebuah judul, silahkan pilih LSI yang menarik, atau menjadikannya subsub judul di dalam sebuah postingan blog anda.

Kesimpulannya adalah buatlah judul yang sering di cari oleh orang.

Baca Juga : Memahami Konten Pilar dan Cara Membuatnya.

3. Memberikan Paragraf

Ketika kita menulis artikel, usahakan memberi 4-5 paragraf per judul artikel. karena semakin banyak kata yang terdapat di dalamnya untuk membahas judul tersebut, 

Maka semakin padat keyword yang akan masuk di mesin pencarian google (Padat keyword) Yang perlu anda hindari ketika saat menulis artikel adalah sebagai berikut:

A. Judul Yang Isinya Satu Paragraf Saja

Maksudnya adalah judul yang anda tetapkan sudah bagus atau yang sering dicari oleh orang, akan tetapi isinya terdapat satu buah paragraf saja.

Apakah dengan satu buah paragraf saja bisa terindex oleh google?

Bisa, bahkan saya sering melihat hal seperti ini, akan tetapi cara ini tidak akan bertahan lama di mesin pencarian google, karena dinilai tidak memberikan informasi yang jelas.

B. Tidak Memberikan Paragraf

Meskipun tulisan anda berkualitas tetapi struktur penulisannya tidak baik atau tidak diberikan paragraf sama saja bohong (terabas kongkol).

Jika anda melakukan hal seperti ini, maka tidak akan betah pengunjung yang sudah datang ke blog anda. kalau anda tidak percaya silahkan buktikan sendiri

4. Tidak Copas

Copy paste atau spinning juga tidak baik, karena translate tidak akan utuh dan tidak mudah difahami oleh manusia yang membaca tulisan dari spinning seperti ini.

Kalau anda tidak percaya, silahkan anda membuat translate dari tulisan inggris ke Indonesia.

Contoh:

Cara membuat privasi pada blog, maka tools tersebut memberikan privasi yang berbahasa inggris, ketika anda terjemahkan.

Maka artinya akan simpang siur (tidak jelas) Artinya jangan sekali-kali kita menulis artikel dari hasil spinning Keburukan menjadi seorang blogger copy paste bisa dibagi menjadi dua buah bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Blog tidak akan diterima oleh google adsense

Percuma anda menghabiskan uang banyak untuk bayar provider, mengisi modem yang mana niat anda ingin mendaftarkan blog ke google adsense tapi tulisan anda hasil copy paste. 

100% tulisan yang hasil copy paste tidak akan diterima oleh google adsense.

B. Ditinggalkan pengunjung

Untuk apa orang mendatangi blog anda jika sebelumnya mereka sudah pernah membaca artikel yang diterbitkan blogger lain.

Maka pengunjung berpikiran "ah, sepertinya ini pernah saya baca sebelumnya di blog sebelah" sepertinya blog ini menerbitkan artikel yang sama.

Saya rasa blog ini hanya ingin mencari trafik saja tidak mencari originalitas. Lambat-laun blog anda akan ditinggalkan oleh orang lain.

Dari keempat cara diatas, apakah sudah anda terapkan di blog anda? Sekian informasi teknik menulis artikel di blog yang benar. semoga bermanfaat