-->

8# Setelan Dasar Optimasi SEO Blogspot Terbaru 2022

Cara Seting SEO Blogspot sebenarnya juga memiliki cara yang juga simple meski kebenyakan caranya yang digunakan masih manual.

Setelah belajar membuat blog sendiri secara gratis yang sudah kami bagikan melalui postingan sebelumnya, Langkah selanjutnya adalah seting SEO Blogspot agar lebih mudah ditemukan dimesin pencari google. 

Tak hanya google saja, SEO juga mencangkup seluruh mesin pencari lainya seperti Bing, Yahoo, dan Yandex. Tiga mesin pencari diatas merupakan yang paling popular di negara kita +62. 

Cara Seting SEO Blogspot sebenarnya juga memiliki cara yang juga simple meski kebenyakan caranya yang digunakan masih manual. 

Dasar Optimasi SEO Pada Blogspot

Optimasi Dasar SEO Blogspot

Seo (Search Engine Optimazition) merupakaan upaya yang dilakukan pada sebuah blog agar mudah ditemukan di berbagai mesin pencari (Search Engine). 

Dipembahasan ini tentu kami akan mengulasnya tentang SEO On Page dasar yang harus di tepakan pada saat selesai membuat blog. Untuk Full SEO akan kami jelaskan dipostingan selanjutnya. 

Bagi yang pemula di dunia blogger, SEO on Page itu merupakan optimasi yang dilakukan di dalam sebuah blog. Simpelnya sih begitu. 

Untuk langkah-langkahnya simak dibawah ini: 

1. Setelan Dasar Blogspot

Setelan Dasar Blogspot 

Setelah berhasil membuat postingan pada blogspot Langkah yang pertama tentu kita harus melakukan setingan dasar yang ada pada blogger tersebut. 

Untuk itu, Silakan buka dasbord blogger > pilih pada bagian setelan > Lalu pilih dasar. Ada dua komponen penting pada bagian setingan dasar ini. 

Nama Situs

Memberikan nama situs tidak asal-asalan. Karena ini akan berdampak pada SEO blog yang akan kamu bangun nantinya. 

Cobalah untuk memberikan nama situs / blog kamu se simple mungkin satu hingga dua kalimat saja. Tujuanya, Supaya blog kamu nanti mudah di ingat oleh pengujung yang akan mau berkunjung Kembali. 

Untuk contohnya, Situs yang sedang and abaca ini saya beri nama Basith ID. Kemungkinan besar pengujung akan melakukan kunjungan Kembali dikarenakan kemudah dari nama blog yang buat. 

Ngak Pede sama nama sendiri, Coba berikan nama blog yang simple dan mudah di ingat, seperti contohnya jika blog kamu niche tekno berikan saja Namanya nestekno. 

Deskripsi

Deskripsi pada blog sangat mempengaruhi terhadap SEO pada blog mu. Gunakan deskripsi ini yang sesuai dengan niche konten yang akan dibagikan nantinya.

Untuk contohnya Basith ID ini merupakan blog yang membagikan tips dan trik dunia blogging, template, dan optimasi SEO. 

Buat deskripsi yang se simple mungkikin , unik dan tidak meniru deskripsi blog orang lain. Deskripsi blog harus mencerminkan berbagai konten yang akan dibagikan supaya tidak dikatakan clik bait. 

Bahasa Blog

Ada sekitar bahasa  yang sudah di dukung oleh blogger. Salah satunya adalah bahasa indonesia. tentukana bahasa apakah yang anda gunakan pada sebuah blog.

Tipsnya disini, Cobalah untuk mengsincronisasikan bahasa ini dengan konten yang akan dibagikan pada blog nantinya. 

Jika semisal membahas tentang blogging menggunakan bahasa indonesia, Maka gunakan bahasa blog menggunakan bahasa indonesia untuk dapat menyinngkronkan denngan browser saat berkunjung nantinya.

Pastikan juga pada bagian komponen-komponen navigasi blog juga menggunakan bahasa indonesia. tak jarang saya jumpai banyak blog bahasa indonesia tapi menggunakan navigasi blog bahasa inggris seperti load more, older post, latespost dll.

Konten Khusus Dewasa

Admin sendiri tidak mengaktifkan fitur ini dikarenakan tidak ada batasan kepada seluruh pengguna di internet untuk membaca sebuah tulisan yang saya publis melalui blog basith ID ini. 

Untuk anda yang membuat blog dengan konten dewasa, Berikan laporan tentang data blog anda kepada mesin pencari agar dapat mengfilter beberapa visitor yang akan datang nantinya. 

Perlu di ingat, Jika anda membangun sebuah konten khusu tewasa tapi tidak mengaktifkan centang pada pengaturan ini akan berdampak buruk pada blog di kemudian hari. 

Bisa jadi blog mu tidak di indek oleh google, atau malah kenak de idex (tidak akan di index sama sekali) oleh google. 

Untuk konten khusus dewasa sih kayaknya ngak perlu pembahsan panjang lebar ya, Yang jelas seperti konten-konten yang berbau por,,grafi perjudian dll harus mengaktifkan fitur ini. 

ID Properti Google Analytics

Salah satu kelebihan saat menggunakan blogspot adanya dukungan google analitics yang sudah disediakan didalamnya.

Apa itu analytics?
Google analytics merupakan alat pelacakan kepada seluruh pengguna atau orang yang bekunjung pada blog. 

Dengan menggunakan google analytics anda dapat mengetahui beberapa pentalan pengguna, visitor berdasarkan harian, lama membaca postingan dll. 

Google analytics ini tentu sangat dibutuhkan untuk dapat mengoptimasi SEO blogspot anda. Dengan adanya sebuah data yang rangkum oleh analytics dapat memudahkan anda untuk membangun konten yang berdasarkan minat visitor. 

Masuk pada google analytics, Mendaftarkan blog disana, dan tempel kode ID pelacak anda pada bagian kolum ID Property Google analytics ini. 

FavIcon

FavIcon berungsi untuk menampilkan icon kecil pada setiap postingan yang ada di mesin pencari, Fav icon ini dapat dilihat jika pengguna membukanya menggunakan perangkat mobile. 

Pada dasarnya blogspot atau wordpress yang baru dibuat akan secara otomatis memiliki FavIcon secara defaul, Untuk blogspot biasanya berlogo warna orange berlogo seperti yang tedapat dibawah ini.
FavIcon
Nah untuk dapat mengganti FavIcon logo pada bawaan blogger ada beberapa setingan khusus dibawah ini. 

Buat gambar png yang berikuran 16px x 16px persegi. anda juga dapat memperbesar format gambar FavIcon pada blogger ini hingga 22px persegi. 

Selanjutnya simpan dan unggah pada bagian setelah blog > pilh FavIcon > Ungguh logo yang sudah anda buat. 

FavIcon

Hasil akhirnya akan seperti gambar diatas ini saat pengguna membuka blog melalui mobile android ataupun ios.

2. Pivasi Blog

Privasi blog 

Karena blogger ini berbasis gratis, Tak jarang para blogging menyembunyikan blognya dan hanya dijadikan untuk media online penyimpanan karya tulisannya saja.

Hal ini dapat anda tentukan sendiri pada bagian setelan privasi blog, apakah memperbolehkan google untuk melakukan indek di mesin pencari atau tidak.

Dapat diakses mesin telusur

Jika blog yang dibuat hanya untuk pribadi, Berikan setalan tidak di indek oleh mesin pencari, dan perlu di ingat kalua blogger itu bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan mu itu. 

Untuk anda yang ingin di indek google secara langsung, Biarkan saja seperti setingan default atau seperti setingan seperti gambar diatas. 

3. Memublikasikan

Pengaturan Memubikasikan

sekiranya ada empat poin penting saat anda memublikasikan tulisan pada sebuah blog. berikut ini beberapa penjelasanya. 

Alamat Blog

Setelan ini nih yang harus diperhatikan oleh para blogger pemula. Jika semisal kemaren saat membuat blog memberikan alamat blog dengan nama yang panjang lebar mulai saat ini coba deh diganti untuk  menggunakan alamat blog yang lebih pendek. 

Ke untunganya apa?
Ke untunganya juga pada SEO blog kamu itu nantinya.

Siapa coba yang tidak mengenal situs detik.com? nama situs tersebut sangat mudah di ingat sehingga Ketika kita membutuhkan sebuah berita terbaru langsung aja berkunjung ke situs detik.com dipencarian google.

Domain Custom

Untuk kamu yang punya uang lebih, Bisa mengganti alamat blog ini menggunakan TLD (Top Level Domain) atau yang lebih dikenal domain custom. 

Apa itu top level domain domain custom?

Top level domain ini merupakan domain yang anda beli sendiri dari layanan penyedia dengan extentionya yang sudah bukan .blogspot.com lagi tapi bisa jadi .com atau .id. Semua bergantung kepada anda sebagai pembeli. 

Untuk rentang harga beserta kisanya domain .com di bandrol dengan  kisaran 120rb sampai dengan 150rb pertahun. 

Sedangkan untuk lokal indonesia (.id) di bandrol dengan harga  200rb hinnga 250 pertahun. 

Silakan anda ditentukan sendiri, Mau menggunakan Domain Top Level yang berxtention apa? karena masih ada banyak domain top level dengan extention lainya.  

Jika nanyak domain yang paling familiar di Indonesia dan dunia jawabanya adalah .com jika yang familiar di Indonesia jawabanya .id.

Nah untuk setingan custom domain ini bisa anda baca dipotingan yang sebelumnya sudah kami buat ya guys. 

Sub Domain Penggantian

Subdomain atau domain turunan biasanya dibuat untuk dijadikan sebagai pengalihan atau hamaan landasan. 

Dari berbagai kasus, Kebanyakan sub domain ini dijadikan sebagai blog tambahan sebagai pendukung atau penjunjang dari blog utama. 

Jika anda tetap menginginkan pengguna membuka domain utama, Biarkan setelan ini seperti defaul. Namun jika ingin pengguna yang berkunjung diarahkan kepada blog yang lainya silakan berikan sub domain yang sudah dibuat. 

Alihkan Domain

Ini nih yang banyak disalah artikan oleh pengguna blogger pemula. dikiranya alih domain itu berfungsi untuk mengalihkan situs kepada situs yang lainya. 

Padahal alih domian ini berfungi untuk mengaktifkan https atau menggunakan http. 

Biasanya pengguna di internet akan mencari blog (basith.id) Jika shobat basih id memberikan akses pengalihan domain makan visitor akan berkunjung pada alamat (www.basith.id) hanya mengalihkan pengguna ke www saja. bukan mengalihkan antar situs

4. Https 

Https

Jangan dianggap remeh dari fungsi https ini, perbedaan dari penggunaan keduanya ini sangat berpengaruh terhadap seo blog kamu nantinya. 

Sebaiknya gunakan setingan https saja jika tersedia. Karena beberapa kasus para pengguna blogspot ada yang tidak sinkron dengan dukungan https ini.

Untuk yang sudah menggunakan sub domain sudah seharusnya support menggunakan https dan tentunya akan lebih seo di pencarian google nantinya. 

Satu lagi yang tak kalah pentinya saat kamu menggunakan https juga akan memberikan pemberitahuan aman kepada pengguna tentang enkripsi en to en antara data pengguna dan data yang diperoleh.

Sedang http bisa dikatakan tidak aman dikarenakan data yang dikirimkan masih berbentuk full utuh sama persis dengan data yang diberikan oleh pengguna. 

Https juga akan memberikan icon ijo saat dibuka melalui ponsel, Sedangkan http berlambang tanda seru saat dibuka di gadget aka ada notifikasi untuk berhati hati agar anda tidak mengirimkan data rahasia kepada situs tersebut. 

5. Izin

Izin 

Ada beberapa izin yang dapat anda sesuaikan saat menggunakan blogspot. 

Admin dan Penulis Blog

Jika anda membangun blog bersama dengan tim, anda dapat menambahkan beberapa admin beserta penulis melalui menu ini.

Perlu di ingat, Bahwasanya yang namanya admin tidak ada yang pertama ataupun kedua, Yang artinya bila anda menambahkan admin baru, admin tersebut juga berhak dan bisa kapan saja untuk mengeluarkan anda dari admin blog. 

Rekomendasi kami sebaiknya tambahkan saja sebagai penulis blog. Jika anggota ditambahkan sebagai penulis tentunya blog.

Undangan Penulis Tertunda

Anda juga dapat mengetahui beberapa orang yang belum menerima undangan sebagai penulis atau admin melalui menu ini. 

Pastikan email yang ditambahkan benar, sehingga tidak alamat undungan menjadi penulis pada blog akan terkerik kepada email teman. 

Undang Lebih Banyak Penulis

Jika memang bekerja sama dengan tim untuk mengelola blog, menggunakan menu ini untuk dapat meng list beberapa email sekali gus untuk menerima undangan sebagai penulis atau admin blog. 

Setelan ini tentu akan sangat mempermudah dan membantu anda untuk mempercepat undangan di banyak email pengguna. 

6. Setelan Postingan dan Komentar

Setelan postingan

Setingan post dan komentar pada blogspot juga tidak kalah pentingnya untuk seo. Search engine google juga dapat membaca dari beberapa post komentar yang ada pada stiap artikel.

Untuk itu, Jika sekiranya komentar diluar topik pembahasan, Sebaiknya anda gunakan tag spam pada komentar tersebut.

Berikut ini beberapa setingan postingan komentar pada blogspot:

Lokasi komentar : Pilih tersemat untuk dapat menampilkan beberapa seluruh komentar ada pada setiap postingan. 

Yang dapat mengomentari : anda dapat memilih pengguna terdaftar atau pengguna akun google saja.

Moderasi komentar : Dikarenakan komentar pada setiap postingan tidak selalu baik, Usahakan untuk memberikan moderasi terlebih dahulu supaya anda dapat memfilter beberapa iklan yang ada.

Bahasa dan Pemformatan

Biasanya blogger akan memberikan Bahasa otomatis sesuai dengan email yang di daftarkan saat mendaftarkan blog. 

Untuk Bahasa Indonesia sendiri, tidak akan menampilkan dasbord adsense pada setingan blog. Jadi untuk anda yang ingin memonitize blognya silakan gunakan Bahasa inggrish US saja. 

Jika blog masih baru, sebaiknya focus pada konten saja dulu hingga tulisan / postingan mencarapai 30 artikel barulah mengubah Bahasa ini menjadi inggrish untuk di daftarkan ke google adsense.

7. Crawler dan Pengindeksan

Crawal dan Pengindekan 

Untuk anda yang seorang pemula di blogger, Sebaiknya biarkan setelan Crawler dan pengindeksan ini seperti defaul atau gambar di atas. 

Terlebih pada bagian robot.text anda harus menggunakanya secara berhati hati. Robot.txt ini berfungsi sebagai alat ukur google pengindekan pengindekan pada blog. 

Lalu siapa yang boleh menggunakan fitur robot.txt ini?

Jika dirasa ada beberapa komponen yang tidak ingin di crawl oleh google, anda pun juga dapat menggunakan fitur tersebut. 

Kesimpulan

Beberapa setelan dasar di atas merupakan Setelan Dasar Optimasi SEO Blogspot Terbaru 2022. Sepenuhnya blog berada dalam optimasi pengguna. 

Optimasi diatas tidak serta merta akan menjadikan blog dan postingan mu akan berada di page one, karena beberapa setelan diatas bukan setelan untuk jadikan postingan dihalaman page one google.

Hal selanjutnya yang harus anda pahami ada pada bagian menu post. di artikel selanjutnya akan kami berikan tutorial lengkap tentang penggunaan beberapa tools alat postingan blogspot.