-->

Panduan Webmaster Tools : Fungsi, Kegunaan, dan Mafaatnya Untuk Seo Blog

Webmaster tools atau yang dulunya dikenal dengan sebutan seach console merupakan alat yang berfungsi memantau sebuah kinerja situs dimesin pencari google. 

Fungsi dari Webmaster tools ini adalah memberikan data statistik kinerja situs mulai dari hari, bulan, tahun, dan semua data dikumpulkan menjadi satu di dalamnya. 

Selain Kegunaan untuk mengumpulkan data Webmaster Tools juga digunakan untuk mempercepat index postingan yang baru dibuat supaya dapat terindek oleh google, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan Submite Post oleh para blogger. 

Pentingakah Webmaster Tools Untuk SEO?

Panduan Webmaster Tools : Fungsi, Kegunaan, dan Mafaatnya
Panduan Webmaster Tools

Jawabanya sangat penting, Webmaster Tools sangat dibutuhkan untuk suatu website atapun blog. Tujuanya agar dapat mempermudah google dalam mengupdate atau menerima data terbaru dari website yang sudah di daftarkanya.
Bagaimana cara mendaftarakan blog di Webmaster Tools? 

Untuk anda yang masih belum mendaftarkan website atau blog di webmaster tools silakan baca dipostingan sebelumnya tetang : Cara daftarkan blog di Webmaster Tools

Apa saja fungsi dan kegunaanya setelah saya mendaftarkan blog di webmaster tools, mari kita ulas satu-satu persatu sehingga kalian tidak pernah melewatkan tools yang satu ini. 

Fungsi Dari Webmaster Tools Search Console

Fungsi Dari Webmaster Tools Search Console
Statis Webmaster Tools

Dipembahasan ini kami akan menjelaskan secara terperinci, apa saja fitur yang dapat anda manfaatkan dari webmaster tools untuk mendongkrak kinerja blog dimesin pencari.

1. Submite Post Terbaru

Submite Post Terbaru
Submite Post Terbaru 

Jika website atau blog anda aktif up to date setiap hari dan juga memiliki vistor banyak mungkin sudah tidak lagi membutuhkan submite post terbaru di Webmaster Tools.

Karena bisanya, jika suatau blog memiliki pengunjung (Visitor) di atas 10k saja perhari sudah dapat dipastikan ketika update post terbaru akan langsung ke index dilaman google. 

Lain halnya dengan blog yang masih memiliki visitor minim atau bisa dikatakan visitor sedikit yakni dikisaran 1rb visitor kebawah perharinya.

Biasanya blog seperti ini akan sangat membutuhkan submite postingan baru untuk mempercepat index di google.

Yang perlu anda ketahui, Kolum submite URL  di atas tidak hanya berfungsi untuk postingan baru saja, melainkan juga berlaku untuk submite postingan lama agar terindak diperbaru dimesin pencari. 

2. Kinerja Situs di Halaman Google

Kinerja Situs di Halaman Google
Kinerja Situs atau Blog
Fungsi dari webmaster tools juga dapat digunakan untuk menganalisa kinerja situs, seperti brapa klik dalam 7 hari trakhir, bulan trakhir, tahun terakhir dll.

Total Klik

Total Klik
Total Klik 

Merupakan data yang dikumpulkan oleh google dalam waktu 7 hari ada berapa orang yang mengklik situs atau postingan anda dilaman google. 

Anda juga bisa mengcustom dan mengetahui lebih lanjut dari beberapa data yang bisa dilihat antaranya dalam waktu 7 hari, 1 bulan, 3 bulan, dan juga semua waktu.

Dengan membandingkan data statistik total klik dapat memudahkan anda mengetahui performa blog dalam dibandingkan dengan hari hari sebelumnya. 

Total Tayang

Total Tayang
Total tayang
Total tayang ini berfungsi untuk mengetahui berapa kali postingan ada dilihat oleh pengguna di mesin pencari google.

Baik itu pengguna yang membuka postingan atau melewatkanya, semakin dekat angka klik dengan total tayang maka akan semakin bagus blog yang anda punya. 

Kontrol Rata-Rata


Kontrol Rata-Rata 

Ctr Rata-Rata ini merupakan beberapa konten yang dapat menjadi keyword di mesin pencari.

Sebaiknya Ctr Rata-Rata ini tinggi atau rendah? 
jika Ctr Rata-Rata semakin rendah itu artinya visitor semakin kecil namun positngan lebih sulit dijatuhkan.

Sedangkan Ctr Rata-Rata yang tinggi akan menambah visitor yang berdatangan namun postignan bisanya tidak akan bertahan lama dilaman google.

Posisi Rata - Rata

Posisi Rata Rata

Posisi rata - rata ini menunjukan rata rata positngan anda dimesin pencari. semakin kecil posisi rata-rata maka semakin bagus kinerja blog anda.

Posisi rata rata akan menunjukan semua postignan anda yang ada di mesin pencari berdasarkan keyword dan ctr rata-rata yang sudah di tampilkan. 

3. Peta Situs (Sitemap.xml)

Peta Situs (Sitemap.xml)
Peta Situs 


Salah satu fungsi dari peta situs dari blog dapat memberikan informasi terbaru dari blog ketika melakukan update postingan dan juga post terbaru.

Peta situs atau yang lebih dikenal dengan istilah sitemap.xml sangat dibutuhkan untuk suatu blog atau website supaya memberikan informasi yang up to date tetang data yang ada pada website kepada mesin pencari google.

dampak dari menggunakan sitemap.xml ini adalah memudahkan mesin google dalam melakukan crawl laman, postingan, kategori, dan seluruh data yang ada pada blog. 

Baca Selengkapnya : Cara membuat sitemap.xml 

4. Penyempurnaan Situs

Penyempurnaan situs 


Penyempuranaan situs ini ada beberapa bagian : 

Data Web Inti

Berfugnsi untuk mengetahui kecepatan blog, postingan, laman, saat dibuka di berbagai versi seperti destop dan juga mobile. 

Kebergunaan Seluler

akan menampilan beberapa postingan anda yang sudah user friedly, dapat dilihat dari versi mobile dan juga versi desktop. 

Terkadang ada beberapa postingan yang tidak dapat dilihat dari versi mobile dan hanya bisa dilihat di pc atau lapotop saja. 

Breadcrum

Berfungsi untuk mengetahui beberapa navigasi yang sudah cocok dengan template dan postingan

Faq

Mengetahui beberapa postingan yang memiliki tanya jawab yang ditampilakn dimesin pencari 

Produk

Mengetahui beberapa postingan yang memiliki ulasan produk atau barang jualan. 

Tanya Jawab

Bagian postingan yang menampilkan Q&A atara penulis dan pengujung, ini sangat sulit dilakukan untuk pengguna blogspot, namun sangat mudah dilakaukan di wordprees dengan bantuan tools yoast seo.

Ulasan Produk

Gunakan postingan berformat ulasan jika anda mendapatkan endors agar dapat menampilakan postingan olasan di mesin pencari.

artinya artikel anda hanya akan diperioritaskan ketika seseorang mencari postingan dengan judul review pada keyword yang dikertikan. 

Kotak Penelusuran sitelink

Apakah dari semua post anda memungkinkan untuk dijadikan postingan, jika blog anda tetap tidak mendapatkan site link itu artinya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk google mamhami navigasi situs. 

Periksalah secara berkalai pada bagian penyempurnaan ini, karena google akan menampilkan beberapa kesalahan website pada bagian penyempuranaan.

Jika tidak cepat di atasai, bersiap-siaplah situs anda akan turun performanya dan tidak mendapatkan pengjung.