-->

9# Algoritma SEO Google Terbaru 2022, Blogger Wajib Tau

Algoritma SEO Google Terbaru 2022 - Tanpa mengetahui algoritma google terbaru bagaimana cara kita bisa membuat postingan langsung di page one halaman utama google..? 

Jadi mau tidak mau, kita harus bisa beradaptasi tentang teknik-teknik seo terbaru yang menjadi kesukaan google.

Lalu bagaimana cara kita bisa membuat aritkel / postingan yang sesuai dengan algoritma google terbaru ini...?

Sebelum lebih lanjut. Pahami beberapa perubahan algoritma googgle dibawah ini yang dimulai dari 2011 yang lalu. 

Update Algoritma Google Terbaru 2022

Update SEO Algoritma Google
Update SEO Algoritma Google

Ada yang menanyakan dipostingan SEO sebelumnya yang kami bagikan : Kenapa artikel belum juga terindeks. Padahal sudah sangat yakin kontennya udah oke banget. 

Apakah karena google lagi update algoritmanya? 
Saya jawab. Bisa ya, bisa juga tidak. Bisa banyak juga penyebabnya. 

Seperti kita tahu, Per tanggal 3 Desember kemaren Google secara resmi mengumumkan bahwa mereka sedang melakukan update Algoritmanya.  yang dinamai "December 2020 Core Update"

Apa saja yang di update pada proses pembaruan algortima google kali ini? 

Google sendiri belum memperinci apa saja yang telah diperbaruinya. Apalagi proses ini bisa berlangsung lama hingga hitungan minggu bahkan bulan kedapan. Jadi kita tunggu saja. 

Sebenarnya, Bagi kita orang awam, kalau pengen memahami secara teknis update algoritma ini sih bisa aja. Bisa gila maksudnya. 🤣

Pertanyaan nya: Apa saja efek dari update ini buat kelangsungan blog adsense kita? 

Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya pengen ngajak semuanya mengingat perubahan apa saja yang dilakukan google pada algoritma sistem pencarian mereka. 

1. Algoritma Google Panda ( Release: 24 Pebruari 2011)

Algoritma Google Panda 

Pembaruan algoritma google ini targetnya untuk menyaring konten duplikat, plagiat, User / Auto Generate Content dan keyword stuffing.  

Apa itu keyword stuffing? 
Yakni Usaha untuk memaksakan sebuah keyword ada dalam konten hingga jumlah tertentu. Biasanya 5%-8% dari total kata dalam konten. 

Beberapa tahun lalu, trik ini memang berhasil membuat konten kita mudah terindeks dan mendapatkan peringkat di google. 

Saya ingat betul, mudah nya dapetin $50 sehari per blog pada awal-awal saya maen adsense 2013. Hanya dengan bikin konten 500 kata serta nempatin sejumlah keyword di konten dan nyantolin 2 gambar perkonten. Gambarnya pun dapet dari  google juga. 

Tapi Sejak kungfu panda ini hadir, semua blog saya luluh lantah dibasmi olehnya. Algoritma panda hadir dengan sistem scoring nya pada halaman blog. 

Scoring ini dipakai untuk menentukan faktor perangkingan web pada SERP. Blog dengan kualitas konten yang unik dan relevan akan mendapatkan skor yang lebih besar tentunya. 

Blog dengan kualitas "Rendah" kaya punya saya tempo hari itu, sudah bisa ditebak, pasti "Tewas" seketika. 

Sebenernya efek panda ini, sering diakalin oleh para pemain spin artikel. Tapi sejak sistem scoring ini masuk ke "Core Algorithm" (algoritma inti) per januari 2016, efeknya makin ganas dan betul-betul menyapu web-web sampah yang dibuat seadanya. 
Baca juga : Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

2. Algoritma Google Penguin (Release: 24 April 2012)

Penguin Algorima Google
Update Penguin Algoritma Google 


Sebagaimana kita tau, backlink sangat berpengaruh terhadap posisi blog kita di halaman pencarian (SERP).  

Nah tugas si om penguin ini buat bersih2 link spam serta link yang gak relevan. Termasuk link yang di optimasi secara lebay dan sengaja, buat ngakalin mbah google. 

Proses link building pada blog yang dilakukan dengan asal-asalan, akan mendapati penurunan peringkat yang signifikan. 

Proses bersih-bersih ini, berlaku juga pada backlink yang kelihatan tidak natural serta link yang sengaja dibeli dari web ‘ternak link’ dan PBN (Private Blog Network). 

Baca Juga: cara Menghapus Potingan dari Index Google

3. Algoritma Google Hummingbird (Release: 23 Agustus 2013)

Google Hummingbird Algorithm


Saya melihatnya, algoritma ini perbaikan dari panda. Misi nya menyapu blog2 yang masih maen ‘Keyword Stuffing’ dengan kualitas konten yang rendah. 

Hummingbird juga diciptakan untuk membantu google dalam menafsirkan pencarian user dengan lebih baik. Lalu menyediakan hasil pencarian yang paling relevan dengan yang dimaksud si user. 

Meskipun pencarian dengan keyword yang sama selalu diutamakan, namun hummingbird mampu mengerti maksud si pencari dengan menyajikan konten yang masih relevan dengan kata kunci tersebut. 

Hal ini menjadi mungkin, karena algotima ini memproses dengan bahasa yang natural. Meliputi Long Semantic Indexing (LSI), bentuk frase sejenis dan pola sinonim pencarian. 

4. Algoritma Google Mobile (Release: 21 April 2015)

Algorima Google Mobile (Release: 21 April 2015)
Google Mobile 

Penggunaan perangkat mobile android mengalami masa puncaknya sejak berakhirnya era blackberry di sekitaran tahun 2015 tersebut.  

Algoritma ini khusus dibuat untuk ‘nyentil’ web2 bandel yang gak support mobile device. Atau setidaknya jadi lelet loading nya, saat dibuka di perangkat mobile serupa HP atau tablet. 

Algortima ini dan anak turunnya (yang Release 2018 dan 2020 ini), fokus pada analisa web untuk bisa support di perangkat mobile.  

Bahkan hingga kini, Google mengurutkan peringkat /rangking semua website berdasarkan seberapa cepat loading dan user friendly web tersebut pada perangkat mobile. 

Dengan kata lain, kalo web kamu pengen punya peringkat bagus di SERP, pastikan struktur web dan themes nya sudah mobile friendly.  

5. Algoritma Google RankBrain (Release: 26 Oktober 2016)

RankBrain

Dibuat untuk menyaring konten yang memiliki nilai relevansi yang rendah dengan keyword pencariannya.  

Masih mengusung misi yang sama dengan ‘po’ si panda. Yaitu ‘menurunkan rangking’ halaman web yang isi konten nya seadanya.  

Dan di algoritma ini, google mulai intense memperhatikan 1 lagi faktor penting, yaitu ‘User Experience’ dalam proses perangkingan SERP nya. 

Sebetulnya RankBrain merupakan bagian dari hummingbird. Canggihnya, algoritma ini mampu mempelajari maksud dari keyword pencarian user di search engine, kemudian menyajikan konten yang paling relevan dan mendekati dengan keinginan si user. 

Saking penting nya algoritma ini, google memasukan RankBrain kedalam Faktor paling penting ke 3 dalam sistem perangkingan mereka. 

6. Algoritma Google Medic (Release: 4 Mei 2018)

Algoritma ini diciptakan mendalam untuk menganalisa kualitas konten dari halaman web YMYL (Your Money Your Life).  

Digunakan untuk mengukur, apakah isi konten berpotensi bersentuhan dengan masalah hukum, keuangan atau pendidikan (YMYL). 

Dimana ketiga nya merupakan hal yang sangat diperhatikan google. Karena merupakan faktor penentu kehidupan subjek tertentu. 

Selain itu, Medic juga mengukur faktor E-A-T (Expertise – Authority – Trust) sebagai metrik untuk mengukur kualiatas dan kredibilitas konten dan pemiliknya pada sebuah web. 

Itu sebabnya, sejak algoritma ini release, publisher adsense disarankan memuat halaman Disclaimer, Privacy Plocy dan kontak. 

7. Algoritma Google Bert (Release: 22 Oktober 2019)

Lagi-lagi, algoritma ini diciptakan untuk menyempurnakan panda, hummingbird dan RankBrain untuk menyapu web dengan konten ‘semelekete’ alias asal-asalan, tidak kontekstual dan tidak fokus membahas sesuatu. 

Bert juga menerapkan teknologi pemrosesan bahasa yang natural, untuk memahami pencarian user, menafsirkan keyword dan mengidentifikasi hubungan semua entitas hasil pencarian tersebut. 

Singkatnya, si Mr. Bert ini hanya akan menampilkan dan merangking web/ blog dengan kualitas konten yang baik dan fokus membahas mendalam tentang satu hal. 

Dengan kata lain, di masa si Bert ini lah, era google memberikan hadiah limpahan trafik, bagi konten web dengan kualitas tulisan yang epik dan memberikan user experience yang aduhai. 

8. Algoritma Core Google (Release: 2017)

Update core google 


Sejak 2017, google memulai project besar untuk mengupdate algoritma inti mesin pencari mereka. Namun sejak saat itu, google mulai sedikit malu-malu untuk mempublish, perubahan apa saja yang mereka lakukan. 

Tapi sepertinya, google melakukan update untuk memperbaiki celah-celah yang masih muncul pada algoritma sebelumnya. Dan mengemas ulang menjadi core update yang lebih besar. 

Lalu Bagaimana cara bisa beradaptasi denga algoritma google terbaru ini. 

Baca Juga: Cara Update Aritel Lama Agar di PageOne Google

Bagaimana Memahami Update SEO yang Sesuai Dengan Algoritma di Atas ?

Update SEO Algoritma Google Terbaru
Google menjadi mesin pencari paling populer ditingkat internasional. Yang artinya google sudah pasti selalu up to date dalam memperbarui algoritmanya.

Di tahun 2019 yang lalu. beberapa peneliti memperkirakan ada sekitar 3.234 perubahan algoritma google dalam jangka hanya satu tahun saja.

Jika kita tidak bisa beradaptasi dengan update algoritma google yang terbaru ini. lambat laun blog kita akan terjun dan menjadi blog yang mati sepi dari pengunjung.

ikuti beberapa langkah-langkah dibawah ini agar blog kamu tetap bisa eksis di pencarian google.

1. Melakukan Update Postingan

Update Postingan Lama

Update postingan pada blog menjadi salah satu kunci kesuksesan kita untuk bisa beradaptasi pembaruan algorima google.

Mengapa harus update postingan blog...?
Karna Google terbaru ini lebih memprioritaskan dan menyukai blog yang aktif.

Jika anda tidak bisa membuat postingan terbaru untuk dirilis. Cobalah untuk memperbarui postingan yang sudah ada.

Di artikel sebelumnya kami sudah membuatkan Cara Update Artikel Lama Agar Kembali di Page One Halaman Google bagi kalian yang tidak tahu tetang bagaimana caranya untuk meng Up Postingan lama dimesin pencari.

2. Perhatikan Keyword Kompetitor

Perhatikan Kompetitor

Jika yang anda lakukan terus-terusan menganalisa algoritma google. saya rasa kita akan kehabisan waktu untuk dapat memperaktikanya pada postingan yang akan di buat.

Untuk itu, cara terbaik untuk dapat mengkelabuhi algorima google terbaru ini adalah dengan cara memperhatikan Judul Keyword Postingan Kompetitor yang sudah ada dimesin pencari.

Minimal baca 3 postingan yang berada dihalaman utama google. lalu anda analisa sendiri mengapa postingan tersebut bisa dihalaman page one google.

Perhatikan pada bagian seluurh konten. ada berapa gambar yang disisipkan, Kenapa tulisan ditebal miringkan, serta mengapa ada bagian text diberikan link atau backlink.

Jika memungkinkan, Silakan analisa semua (7 postingan) yang ada hilaman page one google agar anda bisa mengetahui faktor google memprioritaskan postingan mereka.

3. Judul Postingan Unik dan Menarik

Menambahkan yang berpotensi membuat penasaran

Penilayan google itu hampir sama seperti manusia. dimana judul menjadi wadah sedangkan konten menjadi isi dari wadah tersebut. Kalau wadahnya menarik. Akan besar kemungkinan isinya akan dilihat.

Begitu juga sebaliknya, Kalau dari wadahnya saja sudah tidak menarik. Besar kemungkinan kontenya juga tidak akan dilihat.

Nah Bagaimana Cara membuat wadah (keyword) yang menarik untuk pembaca..?
tentu saja kita harus riset terlebih dahulu. Untuk panduan keyword ini akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Baca Juga : 9# Konsep Dasar SEO

Inti dari keyword atau judul yang menarik ini yang lagi trands di halaman google adalah dengan cara menambahkan angka pada bagian awal judul. 

Contoh : 
  1. Update Algoritma google terbaru 2020
  2. 10 Update Algoritma Google terbaru
Contoh nomer 1 di atas merupakan judul atau keyword yang bagus di tahun 2019 yang lalu. sendangkan judul contoh nomer 2 merupakan keyword dengan judul yang bagus diterapkan di tahun 2020.

4. Isi Konten

Struktur konten dan Isi konten 

Jika anda sudah terbiasa membaca TIps SEO yang ada di Google pastinya tidak asing lagi dengan "Rekomendasi beberapa blogger yang mengharuskan tulisanya diatas 600 kata".

Menurut saya sih tidak semua postingan harus diatas 600 kata. 

Karena jika terlalu memaksakan positngan panjang lebar justru akan menurunkan tingkat ke SEO dari tulisan yang sudah dibuat.

Mengapa?
bisanya orang yang terlalu memaksakan tulisan agar panjang lebar itu akan cendung membuat konten yang tidak revelen dan pembahasan yang kemana-mana.

Artikel yang baik itu fokus pada pembahasan. Jika ada pembahasan lain yang dilibatkan arahkan saja melalui link internal (Link antar postingan dalam blog) untuk tetap mempertahankan kulitas SEO tulisan yang dibuat.

2 komentar

  1. JAYA PURNAMA
    Mantap mas.. Keren bener informasi nya.. Akhirnya saya tahu bagaimana cara riset keyword kompetitor 😃
    • Basith ID
      Jika blog yang digunakan masih baru, Sebaiknya gunakan google trends saja.