-->

Cara Menghapus Postingan Dari Index Google Penelusuran

Beberapa hari ini saya sendiri sempet pusing sih karena mayoritas postingan yang ada di halaman awal google itu merupakan postingan basith.id sewaktu masih menggunakan platform wordpress. Jika semisal postingan tersebut di buka maka yang terjadi adalah halaman error atau halaman tidak ditemukan.

Awalnya www.basith.id merupakan blog yang saya bagun menggunakan wordprees yang kemudian saya pindahkan ke platfom blogger atau yang kita kenal dengan sebutan blogspot.

Kenapa blog basith.id yang utama saya jadikan blogspot...? itu karena kecintaan saya kepada blogspot setelah sekian lama menggunakan wordprees kini saya kembali untuk menggunakan blogspot lagi. 

Karena dari blogspot saya mengenal dunia blogger. Oke sekarang kita akan kembali ketopik pembahasan pada judul artikel ini.

Cara Menghapus URL Postingan Dari Index Google

Cara Menghapus Postingan Dari Index Google Penelusuran
Index Google 

Menghapus url postingan dari google lebih dikenal dengan sebuatan deindex link yang artinya menyuruh google tidak mengindek link yang sudah kita tentukan.

Jika kalian lihat pada gambar di bawah ini merupakan gambaran dari blog basith.id sewaktu menggunakan wordprees.

Post Wordpress 


Sedangkan gambar di bawah ini merupakan gambar dari blog basith.id saat menggunakan blogspot. 

Basith ID Blogspot. 

Langkah selanjutnya anda pilih postingan yang akan di hapus dari index google, dikarenakan konten yang ada di wordpress sudah saya hapus semua.

Jika artikelnya masih muncul di google dan pengujung membukanya akan terjadi error atau haman tidak ditemukan seperti seperti gambar di bawah ini.

Halaman error

Silakan anda copy link artikel yang ingin anda hapus dari index google, Lalu buka webmaster tools > Pilih pada bagian penghapusan url.

Pemintaan penghapusan 

Selanjutnya anda masukan url yang akan di hapus dari google > Lanjutkan dengan menekan tombol berikutnya. 

Judul_gambar Judul_gambar

Url ini dihapus semua variasinya Baik menggunakan (www/non-www dan http/hpps) semua akan diblokir dari google penelusuran selama sekitar 6 bulan. 

Selama sebelum 6 bulan tersebut jika semisal anda memiliki pemikiran yang berbeda dan ingin menampilkan halaman yang telah di hapus dari indek google tadi anda dapat membatalkanya.

Akan tetap jika sudah melebihi batasan dari 6 bulan, Artikel dengan url yang sebelumnya sudah di hapus dari index google akan menjadi deindex permanin selamanya dan anda tidak dapat membatalkanya kembali. 

Yang artinya anda bisa membatalkan dalam sebelum waktu yang ditentukan oleh google. jika anda sudah yakin, lanjutkan dengan menekan tombol kirim permintaan

Untuk melihat hasil url yang dikirimkan untuk tidak di index oleh google, anda bisa melihatnya pada bagian daftar hapus url. 

List 


Nah begitulan cara mudah menghapus artikel dari index google, hal ini bisa anda gunakan jika dirasa memiliki artikel yang tak pantas ada di publik atau merasa bersalah karena telah mengambil tilisan karya orang lain

Baca Juga : 13# Kriteria Blog disukai Google

skian untuk Cara Menghapus Postingan Dari Index Google Penelusuran, jika ada yang dipertanyakan silakan berikan komentar anda pada artikel ini. semoga bermanfaat.

2 komentar

  1. Gani Nur Pramudyo
    terimakasih atas penjelasannya, izin bertanya berarti tiap 6 bulan sekali diulang langkahnya? soalnya punya saya halamannya (page) blogger sudah saya hapus tpi masih ke indeks
  2. Basith ID
    Maksudnya begini mas.

    Jika semisal mas.nya sudah menghapus artikel atau halaman dari index google dan selenjutnya memiliki pemikiran untuk menampilkan kembali di hasil pencari google itu masih bisa di lakukan sebelum 6 bulan.

    tetapi jika artikel yang hapus dari index google telah melebihi dari 6 bulan artinya artikel tersebut sudah di hapus secara permanin, dan mas.nya tidak bisa lagi meminta google untuk mengindex artikel yang sudah di hapus tersebut.