-->

Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Digital Marketting

Apakah anda pernah melamar suatu pekerjaan dibidang digital marketting...? Lalu, melihat persyaratan yang harus dikuasai adalah SEO dan SEM...?

SEM dan SEO memang bukan istilah yang awam untuk semua orang. Sesekalipun anda seorang sarjana lulusan teknik informatika / Markettting belum tentu mengetahui tentang apa itu SEM dan SEO beserta  Fungsi keduanya. 

Bagi orang yang bekerja di digital marketting mungkin pernah mendengar kata tersebut. namun masih belum memahami berserta fungsinya serta perbedaan dari keduanya. 

Apa Itu SEO

Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Marketting
Seo Vs Sem 
SEO singkatan dari "Search Engine Optimazation". jika di artikan dalam bahasa kita merupakan cara optimasi website / blog beserta segala aspek pendukungnya. Baik itu Postingan, Kontent, Gambar agar menduduki peringkat halaman utama pencarian google. 

Untuk mendapatkan pengujung website dan mendapatkan banyak customer dari melalui internet wajib hukumnya bagi para digital marketting untuk mempelajari teknik seo ini.

Ada banyak teknik SEO beserta perubahan dalam setiap bulanya. ada beberapa hal yang harus anda optimasi untuk bisa mendapatkan seo website seperti :
  1. Meningkatkan kecepatan blog
  2. Membangun backlink berkualitas
  3. Membuat tulisan original 
  4. Optimasi SEO on Page. 
  5. Optimasi SEO Of Page.
Jika saya jelaskan semuanya terperinci disini akan membuat artikel amburadul. Untuk itu anda bisa membaca selengkapnya pada bagian Kategori SEO untuk mendapatkan pengetahuan lebih tentangnya. 

Cara Kerja SEO Mendatangkan Customer

Ketika pengguna intenet mengetikan "Situs Freelancer Indonesia" misalnya Website yang tampil pada halaman awal google merupakan website milik perusahaan anda.

dari berbagai analisa pakar SEO, 87% orang akan membuka postingan blog yang menduduki halaman utama google bukan blog yang menduduki page 2/3.

Jika barang atau jasa yang anda tawarkan melalui website menarik bagi pembaca kemungkinan terbesar mereka akan membeli jasa/produk yang diposting dalam website. 

Teknik SEO ini akan terus diperbarui oleh Google. Hal ini  terbukti pada tahun 2019 kemaren Algoritma SEO  dirombak sebanyak 700x dalam 1 tahun.

Ada dua bagian terpernting dalam SEO. 
  1. SEO On Page
  2. SEO Of Page 

SEO On Page :

  1. Memasukkan target keyword alami kepada judul, deskripsi gambar, link, tagheading, serta meta deskripsi blog. pelajari tetang cara riset keyword .
  2. Merapikan URL postingan berdasrkan keyword yang di targetkan 
  3. Memastikan kecepatan website ada berada pada skor 70% ke atas. Baca selengkapnya kriteria blog yang disukai google 
  4. Mengintegrasikan Sosial Media Dengan Konten Anda
Untuk selengkapnya baca : 16# Langkah Optimasi SEO On page 

SEO Of Page

1. Membangun backlink yang berkulitas tinggi dan menempatkanya secara natural, untuk mengetahui hal ini anda bisa mengecaknya menggunakan website seo checker 
QB+PQ 
  • TB : Merupakan total backlink (Perbanyak sebisa mungkin)
  • QB : Qualitas backlink (Menentukan skor backlink spam & Organic)
  • PQ : Presentasi kulalitas backlink (Berapa % tingkat kualitas backlink situs)
Semakin rendah PQ maka semakin buruk untuk blog anda. 
  1. Menerapkan Lokal SEO : disini 
  2. Daftarkan website diwebmaster tools : disini 
  3. Submite Url postingan : disini 

Perbedaan SEO dan SEM

SEO meningkatkan jumlah pengunjung website / blog secara organik menggunakan beberepa teknik yang sudah saya jelaskan di atas. 

Sedangkan SEM mencangkup kegiatan SEO yang ditambah dengan taktik /strategi pemasaran berupa iklan . Sem juga mencanggup komponen pencarian berbayar seperti PPC dan bahkan juga termasuk SMM (Sosial media marketting).

Penting untuk dicatat, bahwa anda tidak boleh menggunakan istlah SEO dan Sem secara bersamaan untuk sebuah maksud yang lebih spesifik. Mengapa? karena seo merupakan bagian dari SEM sendang sam bukan bagian dari SEO. SEO adalah bagian dari strategi SEM.

Mana Yang Lebih Bagus SEO vs SEO

Menurut saya sendiri lebih bagus teknik seo. mengapa? seperti yang sudah anda baca dari atas, bahwasanya SEM membutuhkan SEO sedangkan SEO tidak membutuhkan SEM. 

Terlebih untuk pengerjaan, SEM membutuhkan biaya yang cukup banyak seperti beriklan di facebook, instagram, twitter dan media sosial yang lainya.

Sedangkan SEO tidak membutuhkan uang untuk melakukanya, hanya saja membutuhkan waktu yang banyak untuk menganalisa tingkat kompetitor.

Setelah anda mengetahui bahwasanya SEO merupakan hal yang terbaik, mungkin anda akan mencari tekni seo black hat. memang hasilnya akan instan

dimasa hasil instal tersebutlah anda harus menyiapkan waktu kembali untuk bersiap-siap website/ blog anda akan terkenak pinalti google.