Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Marketting

Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Marketting - Apakah anda pernah melamar suatu pekerjaan dibidang marketting digital? Lalu, melihat persyaratan yang harus dikuasai adalah SEO dan SEM?

SEM dan SEO memang bukan istilah yang awam untuk semua orang, sesekalipun anda seorang sarjana lulusan teknik informatika / Markettting pun belum tentu mengetahui tetang Fungsi dan Perbedaan dari keduanya.

Bagi anda yang bekerja dibidang marketting digital, mungkin pernah mendengar kata tersebut. namun masih belum memahami berserta fungsinya serta perbedaan dari keduanya. Di artikel ini saya akan mengulsanya dari hal yang mendasar.

Apa Itu SEO ? 

Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Marketting
Apa Itu Seo 
Seo singkatan dari Search Engine Optimazation (SEO). jika di artikan pada bahasa kita merupakan cara optimasi terhadap website / blog beserta segala aspek pendukungnya (Postingan, Kontent, Gambar dll) agar menduduki peringkat halaman utama google atau mesin telusur yang lainya.

Untuk mendapatkan pengjung website dan mendapatkan banyak customer dari internet wajib hukumnya bagi anda untuk mempelajari teknik seo.

Teknik seo juga bermacam-macam. ada beberapa hal yang harus anda optimasi untuk bisa mendapatkan seo website seperti meningkatkan kecepatan blog, membangun backlink berkualitas, membuat artikel yang original serta optimasi onpage dan ofpage.

Jika saya jelaskan semuanya terperinci disini akan membuat artikel ini tidak efisien dengan judul, untuk selengkapnya anda bisa membaca pada Kategori SEO untuk mendapatkan pengetahuan lebih banya dari blog ini.

Bagaimana Cara SEO Berkerja Mendatangkan Customer?

ketika pengguna intenet mengetikan "Situs Freelancer Indonesia" semisal. website yang tampil pada halaman awal google merupakan website milik perusahaan anda.

dari berbagai analisa pakar SEO, 87% orang akan membuka postingan blog yang menduduki halaman utama google bukan blog yang menduduki page 2/3 dan seterusnya.

Jika barang atau jasa yang anda tawarkan melalui website menarik bagi pembaca, kemungkinan terbesar mereka akan membeli jasa/produk yang anda psoting di website.

SEO sendiri akan terus berganti dari waktu ke waktu ke waktu, terbukti pada tahun 2019 kemaren agoritma seo sendiri dirombak sebanyak 700x dalam 1 tahun.

Ada beberapa hal yang penting untuk anda jadikan patokan belajar seo yakni SEO On Page dan SEO Of Page.

Seo On Page Meliputi :

1. Memasukkan target keyword alami kepada judul, deskripsi gambar, link, tagheading, serta meta deskripsi blog. pelajari tetang cara riset keyword 

2. Merapikan URL postingan berdasrkan keyword yang di targetkan 

3. Memastikan kecepatan website ada berada pada skor 70% ke atas. Baca selengkapnya kriteria blog yang disukai google 

4. Mengintegrasikan Sosial Media Dengan Konten Anda

5. dan masih banyak lagi hal-hal yang harus anda lakukan untuk optimasi seo ini yang bisa anda baca memalui katori SEO pada blog ini.

SEO Of Page Meliputi :

1. Membangun backlink yang berkulitas tinggi dan menempatkanya secara natural, untuk mengetahui hal ini anda bisa mengecaknya menggunakan website seo checker 
QB+PQ 
  • TB : Merupakan total backlink (Perbanyak sebisa mungkin)
  • QB : Qualitas backlink (Menentukan skor backlink spam & Organic)
  • PQ : Presentasi kulalitas backlink (Berapa % tingkat kualitas backlink situs)
Semakin rendah PQ maka semakin buruk untuk blog anda. 



4. Langsung Submite URL Postingan Di Webmaster Tools untuk mempercepat index google 

Apa Perbedaan Antara SEO dan SEM

Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Marketting
Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Marketting 

SEO meningkatkan jumlah pengunjung website / blog secara organik menggunakan beberepa teknik yang sudah saya jelaskan di atas. 

Sedangkan SEM mencangkup kegiatan SEO yang ditambah dengan taktik /strategi pemasaran berupa iklan . Sem juga mencanggup komponen pencarian berbayar seperti PPC dan bahkan juga termasuk SMM (Sosial media marketting).

Penting untuk dicatat, bahwa anda tidak boleh menggunakan istlah SEO dan Sem secara bersamaan untuk sebuah maksud yang lebih spesifik. Mengapa? karena seo merupakan bagian dari SEM sendang sam bukan bagian dari SEO. SEO adalah bagian dari strategi SEM.

Mana Yang Lebih Bagus Antara SEO dan SEM untuk Pemasaran?

Pengertian SEM dan SEO Beserta Fungsinya Untuk Marketting
SEO Vs SEM

Menurut saya sendiri lebih bagus teknik seo. mengapa? seperti yang sudah anda baca dari atas, bahwasanya SEM membutuhkan SEO sedangkan SEO tidak membutuhkan SEM. 

Terlebih untuk pengerjaan, SEM membutuhkan biaya yang cukup banyak seperti beriklan di facebook, instagram, twitter dan media sosial yang lainya.

Sedangkan SEO tidak membutuhkan uang untuk melakukanya, hanya saja membutuhkan waktu yang banyak untuk menganalisa tingkat kompetitor.

Setelah anda mengetahui bahwasanya SEO merupakan hal yang terbaik, mungkin anda akan mencari tekni seo black hat. memang hasilnya akan instan

dimasa hasil instal tersebutlah anda harus menyiapkan waktu kembali untuk bersiap-siap website/ blog anda akan terkenak pinalti google.