Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo

Jumat, 24 Januari 2020

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo - Faktor penentu blog berada di page one halaman utama google adalah kepasan kata kunci/keyword yang kita gunakan pada judul artikel yang di terbitkan.

Untuk itu, kita sangat membutuhkan strategi riset keyword judul postingan untuk meningkat seo blog di halaman utama google. Pada kesempatan ini, admin akan membagikan cara riset keyword menggunakan google trends terbaru 2020.

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends 

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo 
Awal kemunculan google trends pertama kali rilis pada tahun 2006.  Tools ini dimaksudkan untuk para marketing tentang apa saja yang orang-orang cari di mesin telusur google.

Di tahun 2020, ternyata tools ini bukan hanya digunakan untuk mencari pasar saja, melainkan juga di gunakan oleh para blogger untuk mendapatkan pengujung banyak dari keyword yang di prolehnya.

Seiring berkembangnya waktu, Google trus meningkatkan produknya tersebut untuk mencapai tingkat ke optimalan dalam mengelolah kata kunci atau keyword yang paling banyak di cari di google berdasarkan data yang dikumpulkanya.

Mengapa google trends merupakan tools yang sangat berharga?
Tools ini adalah salah satu dari banyaknya toools yang bisa anda manfaatkan untuk mengetahui statistic pengguna internet tetang apa yang mereka cari.

Cara Menggunakan Google Trends  

Yang pertama, pastikan anda sudah memiliki kata kunci yang akan kita reset menggunakan google trends. Untuk cotoh pada artikel ini admin akan riset (edit foto).

Jika anda baru menggunakan google trends, ada beberapa hal yang harus anda ingat, ketika anda melihat visualisasi data yang disajikan google trends. 

1. Dasar Google Trends 

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
Google Trends 

Pada setiap titik data dibagi dengan total pencarian yang di gambarkan dengan geografi dan rentang waktu yang diwakilinya, Untuk waktu nantinya anda yang akan menentukan sendiri.

Untuk membandingkan popularitas keyword yang paling banyak di cari menggunakan google trends sangat relatif, untuk tempat dengan volume pencarian paling banyak akan selalu ditampilkan berada di perinkat paling tinggi.

Dari angka yang dihasilkan adalah 0 sampai 100 berdasarkan proporsi topik untuk smua pencari di semua topik 

2. Membandingkan Matrik Pencarian 

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
Hasil 
Pastikan anda sudah memiliki kata kunci utama yang akan mau dijadikan postingan nantinya, pada tahap ini kita akan menganalisa kata yang akan anda jadikan keyword. 

Pada gambar di atas Edit foto Vs Edit Video , matrik menunjukan lebih banyak edit foto di banding dengan edit video, tentukan sendiri dan mana yang akan di ambil untuk dijadikan artikel nantinya.

Dengan tampilan di atas anda sudah bisa menebak kata mana yang akan dijadikan postingan, disini admin akan mengambil edit foto kita lanjutkan pada step selanjutnya.

3. Matrik Berdasarkan Mesin Pencari  

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
Search Engine 

Pilih pada bagian mana yang akan anda tentunkan untuk optimasi seo postigan, pada gambar di atas ada 5 pilihan 
  • Web Search (Untuk mesin pencari)
  • Image Search (Lebih di unggulkan dalam pencarian gambar)
  • News Search (Di fokuskan untuk berita)
  • Google Shopping (Di fokuskan untuk belanja)
  • Youtube Search (Di platform youtube)
saya memilih untuk Web Search, yang artinya target pengguna yang kita sasar adalah orang yang mencari di penelusuran web.

Untuk anda marketting pilih google shopping. tujuanya, agar keyword yang anda bidik pas berada di atas pada bagian search engine googel shopping seperti gambar di bawah ini.
Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
Shopping 

4. Matrik Berdasarkan Kategori 

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
kategori Shopping 
selanjutnya kita reset keyword google trends berdasarkan kategori, untuk anda yang ingin memasarkan produk yang akan di jual belikan secara online,pilih pada bagian shopping.

untuk para blogger, kita tetap gunakan defaul saja (Semua kategori) agar mendapatkan hasil yang optimal selanjutnya kita riset berdasarkan waktu. 

5. Riset Berdasarkan Waktu 

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
Riset Berdasarkan Waktu 
Dikarenakan admin akan membuat postigan yang akan di up di mesin pencarian untuk meningkatkan hasil adsense, hal yang paling umum saya gunakan adalah tranding 4 jam yang lalu.

Peringatan :
Anda bisa menggunakan keyword tranding dalam waktu yang 30 hari. 

jika memang yakin blog yang anda gunakan mampu bersaing dengan artikel yang sudah ada di pencarian google dengan DA postingan yang sudah tinggi.

Terlebih lagi, jika anda mengambil waktu 90 hari trahir, fikirkan matang-matang apakah blog anda sudah cukup bersaing dengan kompetitor raksasa (height competition). 

saya sendiri selalu menghindar dari kempotitor raksasa, bahkan kompetitor yang setara pun tetap juga saya hindari sebisa mungkin.

jika sudah tidak bisa menghindar, bisanya saya akan tetap merilis potingan tersebut dan membuat postingan baru di blog yang lainya untuk di suntikan kepada blog yang membuat postigan pertama (yang di prioritaskan).

kasus ini bergantung pada blog yang membuat postingan pertama, jika blog yang anda miliki memiliki minimal 2rb visitor saja perharinya, bisa langsung menyuntikan backlink dengan blog yang lainya setelah artikel rilis beberapa jam. 

Jangan Lakukan :
Jangan pernah menyuntikan backlink pada blog yang belum berumur 3 bulan dalam kondisi apapun.
Karena itu hanya akan menimbulkan masalah besar tetang kesehatan blog

6. Perhatikan Sumber Wilayah Pencari 

Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
Berdasarkan lokasi
Riset keyword Google Trends berdasrkan Lokasi ini sangat penting untuk anda seorang marketing yang ingin menargetkan penjualan di lokasi tertentu.

Untuk para blogger, hal ini tidka menjadi penting, dikarenakan seorang blogger hanya membutuhkan visitor saja tanpa harus memperhatikan orangya darimana.

7. Mendapatkan Keyword Dari Google Trands  

Untuk tahap yang nomer 7 cara riset keyword google trends indonesia adalah ahir dari tutorial ini, ya kita sudah mendapatkan kata kunci keyword yang paling sering di ketikan oleh pengguna internet dalam kurun waktu 4 jam yang lalu.

Perhatikan pada bagian gambar di bawah ini, ada 3 keyword yang bisa anda gunakan untuk membuat postingan, dan juga ada gambar peta berwarna biru. 

itu artinya keyword ini lebih fokus kepada keyword edit video untuk digunakan di psotignan yang membahas edit foto
Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
hasil keyword 
Selanjutnya kita bandingkan dengan keyword yang kedua 
Cara Riset Keyword Di Google Trends Indonesia 2020 Untuk Seo
hasil keyword 
nah, yang merah ini merupakan keyword yang lebih fokus pada edit video yang bisa anda gunakan untuk membuat postingan edit foto menjadi video.

8. Gunakan Keyword Google Trends 

Untuk cara menggunakan google trends sekarang sudah selsai, anda bisa memanfaatkan keyword yang sudah diperoleh tersebut untuk di jadikan konten.

Rekomendasi :
Kembangkan menjadi Long Tail keyword

Jika blog kalian memiliki alexa rankk yang angkanya ratusan atau mau membuat konten placement di blog-blog besar, dapat langsung menggunakan keyword tersebut tanpa harus mengembangkanya. 

Namun bagi blog kalian yang memiliki alexa rank jutaan,  Sebaiknya kembangkan lagi keyword yang di proleh menjadi longtail keyword.

Berikut gambar ss dari blogspot yang saya kelola dalam waktu 3 hari, dari tanggal 16 sampai tanggal 19 januari :
statisti Google search Console
Statistik panel blog 


untuk menemukan longtail keyword yang tepat untuk postignan blog, admin akan membahas di artikel selanjutnya. 
Smoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa berikan komentar kalian pada postingan ini. supaya admin bisa membuat artikel yang lebih berkualitas lagi. 

Comments 10