-->

13 Kriteria Tipe Blog Yang DiSukai Google, Blogger Harus Tau

Salah satu blog diprioritaskan dalam mesin pencarian google dikarenakan blog tersebut memiliki beberapa kriteria sebagai berikut...

Kriteria Tipe Blog Yang disukai Google - ingin menjadi seorang blogger? Masih bingung mau pilih tipe blog seperti apa yang di disukai google? Secara teknik, penilaian google mamang banyak tipe blog beserta alasan kenapa google memprioritaskan blog tersebut di mesin pencari.

Ada yang dikarenakan konten berkualitas, selalu update artikel di setiap harinya, Blog yang sudah berumur tua dan masih banyak lagi yang harus kita ketahui dalam artikel tipe blog yang disukai google.

Kriteria Tipe Blog Yang Disukai Google

Kriteria Tipe Blog Yang DiSukai Google, Blogger Harus Tau
Kriteria Tipe Blog Yang DiSukai Google

Sebelum melanjutkan cari tahu tipe tipe blog yang disukai google. Admin mau tanya dulu dah sama kalian, apakah sudah memiliki blog? Jika belum kalian bisa baca artikel : Cara Membuat Blog gratis

Di artikel ini admin akan ulas tuntas 12 faktor penentu blog anda disukai google, bagi kalian blogger, jika masih belum ada yang terpenuhi segera dipenuhi dari kriteria tipe blog berikut untuk segera diperbaiki.

Blogger Granat

Rupanya google mengetahui kalau pengguna internet di dunia bertambah dalam setiap harinya, mereka tidak akan melewatkan momen tersebut agar raksasa mesin pencari tersebut tetap eksis di dunia.

Salah satu blog yang disukai google adalah blog yang memiliki tipe granat, Masih belum tahu apa itu blogger granat?

Blogger granat adalah blog yang aktif setiap hari untuk update artikel, Terlebih artikel yang dibuat merupakan konten original (Bukan hasil copy paste).

dinamakan blogger granat, dikarenakan pemilik blog tersebut fokus pada konten yang dibuat tanpa harus memikirkan keyword dll. tujuanya hanya satu, blogger granat hanya menginginkan kaya konten dan memberikan informasi up to date setiap hari nya.

Blogger granat ini biasanya: lebih fokus pada artikel berita.Untuk contohnya seperti tribun, detik dan situs kabar berita yang lainya.

jika kalian perhatikan semua blog tersebut tidak ada unsur optimasi seo. hal yang terpenting bagi mereka, membuat konten yang original, akurat dengan data yang ada, updatodate setiap hari.

Blogger Sniper

Blogger sniper ini merupakan tipe blog yang juga disukai google. pasalnya, blogger sniper tidak se aktif blogger granat. dikarenakan mereka membuat artikel 3 hari 1x ada juga satu minggu, bahkan ada juga yang updatenya bulanan dan lebih parahnya lagi tahunan.

Kenapa blogger sniper disukai oleh google?

Karena blogger sniper dalam membuat postinganya sangat berkulitas, terperinci, detail dalam peribahasanya.

Lebih bisa dikatakan kalau postingan blogger sniper ini lebih komplit dari segi pembahasan yang lebih luas, artikel panjang, melibatkan faktor backlink internal, external, foto/gambar dan video.

Blogger sniper ini biasanya, : lebih fokus pada konten tutorial, tips, dengan konten-konten yang tidak mudah basi di telan waktu.

Template Seo Friendly

Template Seo Friendly

Blogger yang disukai google nomor 3 adalah template seo friendly. Ini juga merupakan kewajiban seorang blogger untuk bisa mengoptimasi template yang digunakan agar mudah digunakan oleh pengguna.

anda tidak bisa optimasi template? Sekarang sudah banyak kok para developer template blogger yang membagikan template secara gratis sampai berbayar.

Namun rekomendasi dari admin, gunakan templat yang pro atau berbayar. ingat disini kita bermain di dunia blogger yang merupakan dunia digital. apalah daya bisnis digital tanpa investasi?

Cara terbaik investasi adalah dengan membeli barang yang memang bermanfaat dan mendukung pekerjaan anda seperti membeli template blog pro contohnya.

Sebelum membeli template, pastikan anda sudah membaca postingan tentang : Memilih Template Terbaik Untuk SEO

Selanjutnya, anda cek pada tools Pengujian User Friendly Dari Google. Jika sudah seo friendly anda bisa langsung membeli template tersebut untuk digunakan.

Kecepatan Blog

Kecepatan Blog
Kecepatan Blog Versi Mobile

Kata siapa kecepatan blogger menjadi penentu blog disukai google? Hey bro, google itu menyukai suatu blog bukan dikarenakan mereka sendiri, melainkan hasil analisis umpan balik dari si pengguna.

Cukup mudah untuk google mengetahui blog anda berat dalam pemrosesan datanya. Jika terdapat pengunjung blog sebelum konten terbuka mereka sudah meninggalnya halaman tersebut. Itu artinya blog yang di buka berat, simpelkan cara google mengidentifikasi blog yang berat.

Tapi min, kalau saya lihat pada blog-blog berita seperti detik.com, Tribun.com dan kawan-kawanya, mereka memiliki kecepatan blog yang sangat minim, terus kenapa google masih memprioritaskan mereka?

Kembali lagi pada poin pertama nomer satu ya,,!! Anda baca lagi dan cermati kenapa google memprioritaskan mereka.

Kecepatan Blog Versi Desktop

walau sekarang kebanyakan pengguna internet menggunakan mobile, tetapi anda juga harus tetap mengoptimasi kecepatan blog dalam versi desktop.

Terlebih bagi anda yang membuat blog khusus untuk tutorial blogger seperti saya yang mayoritas pengguna membuka blog 5.5% dari pc.

Template Blog Responsive

Template Blog Responsive

Beda Halnya di jaman 2007 silam, kebanyakan pembaca internet di indonesia masih menggunakan pc, laptop dan masih sangat jarang pengguna mobile.

Nah, untuk tahun 2020 kalau template anda tidak responsif dalam penyesuaian di berbagai layar siap siap saja blog anda tidak akan disukai google.

Kenapa google tidak menyukai blog yang tidak responsive?

dikarenakan google mendapatkan banyak umpan balik dari si pengguna, seperti aktivitas zoom untuk contoh kecilnya.

Jika anda lihat pada gambar poin nomor 4 ini merupakan tampilan blog basith.id versi dekstop, untuk tampilan mobile akan seperti gambar di bawah ini.

Template Blog Responsive Mobile

Domain Khusus atau Custom Domain

Custom Domain Khusus

Sudah tahu domain khusu untuk blogger? ituloh www.basith.id. Yap benar , google sangat menyukai blog yang memiliki domain khusu. sudah bukan lagi blogspot, ataupun wordpress.

Google menganggap blog yang memiliki domain khusus merupakan blog yang memang benar-benar serius dalam membagun blog.

Tak hanya itu saja, domain khusu untuk blogger ini juga dapat memudahkan anda diterima saat mendaftar ke google adsense , Baca : kelebihan Blog Yang Di Custom Domain Khusus

Pada poin nomor 5 bukan berarti google membenci blog yang belum memiliki domain khusu, sebagai motivasi saja. ada seorang blogger yang masih menggunakan blogspot mendapatkan penghasilan 8 juta perbulan : Strukturkode.blogspot.com Google Suka Blog Yang Sudah Tua

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, google menyukai blog yang sudah tua dengan catatan masih aktif untuk update artikel. untuk banyak artikel google masih belum punya batasan, jadi pastikan anda bisa membuat postingan sebanyak mungkin.

Kalau bisa buatlah artikel minimal 1 sampai 3 postingan per hari, semakin banyak akan semakin baik. karena dengan semakin banyak postingan google juga akan semakin banyak menjelajahi situs anda untuk meng ceweknya.

Dengan begitu, blog yang anda kelola memiliki banyak peluang untuk bisa eksis di halaman depan google, dengan catatan update artikel yang berkualitas.

Google Suka Blog Dengan Postingan Berkualitas

Blog tua dan banyak postingan saja tidak cukup untuk membuat google dapat menyukai situs atau blog yang anda kelola. Banyak tapi tak bermutu (berkualitas) juga merupakan tipe blog yang di benci google.

Salah satu membuat postingan yang berkualitas yakni tidak copy paste, bagi yang copaser pasti merasakan kebingungan untuk membuat postingan yang original.

Tips nih bagi para blogger yang hobinya kopas, kalau mau bikin artikel yang disukai google, kamu baca itu 7 postingan yang ada di page one. Amati faktor apa yang menjadikan blog mereka ada di pageone.

Selanjutnya tiru keyword mereka, buat artikel yang lebih panjang dengan cara merangkum dari 7 blog yang sudah anda baca lalu buatkan artikel yang lebih panjang dengan bahasa anda sendiri.

dengan cara seperti itu, tanpa sadar anda akan membuat artikel yang berkualitas dan melibatkan faktor seo, karena pada saat anda mengingat kata yang disampaikan oleh 7 postingan yang anda baca tadi, dimana hal itu merupakan titik yang disukai google.

Google Suka Dengan Blog Yang Disukai Pembaca

jangan hanya buat postingan artikel yang panjang lebar saja, tapi anda juga harus membuat artikel yang dapat membuat pembaca senang, seperti melibatkan faktor bencana seperti (Kamu masih goblok ya kok baca postingan ini).

tapi jangan terlalu banyak bercanda juga, tetap fokus pada pembahasan artikel yang anda buat. bagaimana cara tulisan yang anda bagikan menyisakan kesan, solusi, inspirasi, berita, dan hal baru untuk pembaca blog tersebut.

Google sangat tau membedakan postingan yang berkualitas atau tidak, misal panjang artikel postingan yang anda buat 500 kata.

Google sudah memiliki perhitungan sendiri, normalnya seseorang membaca tulisan yang panjangnya 500 kata itu membutuhkan waktu 7 menit. tapi disini pengunjung blog anda ternyata hanya membaca 1 menit saja.

siap-siap aja tuh kalau udah seperti ini, meskipun artikel anda di page one akan di drop out ke page 2 halaman google karena dianggap artikel tidak berkualitas.

Google Suka Dengan Backlink Yang Sehat

Backlink Berkualitas Organik

dulunya, banyak sekali blogger yang tergila gila dengan backlink. bahkan banyak melakukan cara agar mendapatkan link banyak seperti spam komentar di blog-blog besar. hingga pada akhirnya google memperkenalkan konsep link nofollow.

Pandangan google pun juga berbeda, google tidak hanya melulu memprioritaskan blog yang memiliki backlink banyak untuk di tempatkan di atas halaman page one melainkan blog dengan backlink yang sehat.

Google saat ini sangat menyukai artikel yang backlink nya tertata dengan baik, baca artikel cara membuat backlink yang berkualitas untuk seo di artikel yang sebelumnya sudah admin buat.

Nah, yang dimaksud tertata dengan baik itu seperti contoh di atas. bagaimana anda secara tidak langsung berkeinginan untuk mengunjungi dan membaca artikel link di atas bukan?

Itu merupakan optimasi backlink on page yang antar halaman/postingan. dengan cara seperti postingan lama anda tidak vakum dan masih memiliki pembaca secara terus menerus.

Tapi jangan juga melupakan backlink external atau dari luar. Semakin banyak backlink external (dari luar) google akan menilai postingan yang anda buat berkualitas, dikarenakan menjadi postingan rujukan banyak blog.

Google Tidak Suka Blog Spam

google suka dengan blog yang tidak berisi spammer. Masih ingat kan pada tahun 2014 bagaimana google memiliki sistem untuk mendeteksi blog spam. bahkan banyak blogger yang di tendang langsung oleh google.

spammer blog yang tidak disukai google contoh kecil adalah membuat postingan yang berulang ulang dengan kata yang hampir sama. bahkan isi artikelnya juga hampir sama dengan postingan sebelumnya.

untuk itu, bagi anda yang ingin membuat postingan, pastikan tidak memiliki duplikat konten, jika memiliki ide yang baru pada konten yang sebelumnya pernah anda buat. lakan pengeditan akan lebih baik.

Google Suka Konten Original

Sebenarnya para blogger sudah pada tahu, tentang google yang tidak menyukai blog dengan hasil kopi paste. namun ternyata masih banyak juga para blogger yang melakukanya.

Setelah beberapa lama ngeblog dan tidak mendapatkan visitor yang banyak, lalu si blogger bertanya-tanya kenapa blog saya tidak dapat pengunjung banyak.

padahal sudah tahu kalau artikel yang iya terbitkan semuanya hasil copas. selain itu hasil potongan kopas ini juga masuk pada kategori blogger sepam.

Lulus Audit

Lulus Audit 

Jika semua hal sudah anda lakukan di atas, langkah yang terakhir cobalah untuk optimasi agas situs atau blog yang anda punya lulus dari audit google untuk mencapai hasil optimal.

Untuk cara cek audit pada blog di google chrome cukup mudah, klik kanan pada blog dimana saja, lalu pilih inspect element, pilih tanda panah yang ada, pilih audit. Jika semua audit sudah lolos berwarna hijau selamat anda sudah optimasi blog.

Jika dari nomor 1 hingga 12 ini semuanya di terapkan pada saat ngeblog, blog yang anda miliki peluang besar untuk nongkrong di page one. Sekian untuk 12 Tipe Blog Yang Disukai Google, semoga bermanfaat.

19 komentar

  1. John Asto
    Saya tertarik dengan pembahasan yang terakhir, "Lulus audit".
    • Basith ID
      Yups,,.!
      Segera di optimasi untuk blog & website agar memiliki performa yang bagus di hadapan google.
  2. Solihin_Sputr@
    Anjir bisa lulus audit google ni template... Mantap sangat bermanfaat artikelnya
    • Basith ID
      Makasih
  3. Ahmad jauhari
    Sangat detail dan bermanfaat
  4. Eman Mendrofa
    Keren mas, sangat mendetail dan mudah dimengerti. Langsung dipraktekan ke blog ni. Makasih ilmu gratisnya mas.
    • Basith ID
      Sama-sama mas... 👍
  5. Hiculs
    hy. saingan page one.

    Topik :
    12+ Kriteria Tipe Blog yang Disukai Google - Terbaru Blogger Harus Tau

    Saya Pemula numpan berkomentar "Master"
    • Basith ID
      Bagus lah berlomba-lomba untuk di page one
    • Hiculs
      salam sukses.

      dan teruslah berkarya !
  6. Hiculs
    kemarin saya berkunjung belum ada iklan dan sekarang...
  7. Muhammad Zaini
    Terima kasih banyak Mas tutorialnya. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
  8. Admin
    Njirr menarik bener artikelx gan. Ane harap bisa punya banyak pengunjung dan disukai google juga dah artikel ane...

    Kepengen punya trafik ribuan hu hu
    • Basith ID
      Intinya konsisten dan up to date mas
  9. navigasiin
    Informasi menarik
  10. Fajar Dwi
    Informasi yang bagus bang, menarik dan terstruktur. Cuma masih ada banyak kata yang salah ketik, mohon diperbaiki lagi kata-kata yang masih salah. Semangat ngeblog ya bang.
    • Basith ID
      Terimakasih mas koreksinya 🙏
  11. Srie Nuryani
    Artikel yang menarik membahas dengan lengkap satu materi. Semoga blog saya juga menjadi salah satu kriteria yang disukai google.
    • Basith ID
      terimakasih dukunganya mas, Semoga sama sama terus berkarya dan sukses bersama sama amin