-->

Tips Sukses Membuat Blog Gado Gado Adsense

Blog gado gado adalah blog yang di bangun dengan banyak niche topik pembahasan di dalamnya. Bisa membahas android, iphone, tips dan trik, kesehatan...

Blog ID yang beralamat www.basith.id merupakan blog wordpress yang saya migrasikan ke blogger (blogspot) pada 1 setengah tahun lalu.

Dulunya, saya membuat blog ini untuk dijadikan sebagai media sharing seputar dunia blogger khususnya untuk pengguna blogspot.

Akan tetapi, Setelah tahun 2021 kini semuanya berubah haluan dikarenakan beberapa faktor sampek ada yang berkomentar kecewa blog basith ID menjadi blog gado-gado.

Oke tidak ada masalah, Melalui tulisan ini kami akan berbagi bagaimana ceritanya kok bisa blog Basith ID ini menjadi menjadi blog yang memiliki banyak pembahasan (Blog Gado Gado).

Apa itu Blog Gado Gado?

Melihat Potensi Blog Gado Gado

Sebelum melanjutkan pada topik pembahasan mungkin dari kamu masih ada yang belum tahu tentang apa itu blog gado gado?

Blog gado gado adalah blog yang di bangun dengan banyak niche topik pembahasan di dalamnya. Bisa membahas android, iphone, tips dan trik, kesehatan, wisata ataupun healt.

Pokoknya blog gado gado ini komplit deh isinya. Hampir semua konten ada di dalam blog gado-gado ini.

Katanya blog dengan satu niche itu lebih bagus? dan lebih berpotensi untuk mendapatkan penghasilan seperti dari iklan adsense dan juga endorse langsung min?

Bener sih blog yang yang membahas satu niche itu lebih bagus, Lebih profesional, dan juga lebih disukai oleh beberapa orang yang memiliki bidang yang sama dengan topik blog yang kamu bangun.

Untuk contohnya Blog Basith ID ini dulunya adalah blog yang di bangun khsus untuk membagikan tutorial seputar blogging.

Pastinya orang-orang yang suka di dunia blogging akan lebih menyukai blog saya dibandingkan situs besar seperti detik.com sekalipun

Akan tetapi, apa yang bisa saya dapatkan dari orang-orang yang menyukai blog ini jika semisal tetap membahas satu topik di dunai blogger saja?

Apakah mereka pembaca mau beriklan di blog saya…? Apakah saya memiliki jasa di bidang blogging? apakah saya menjual sesuatu seperti book lengkap blog atau saya menjual template blog...?

Jika tujuan kamu membagun blog dengan satu niche harusnya kamu dapat menjawab dari salah satu pertanyaan di atas.

Jika kamu tidak bisa menjawabnya silakan berganti niche pembahasan menjadi blog gado-gado.

Mengapa harus berpindah menjadi blog gado-gado? Sebanarnya apa yang saya harapkan dari membagun blog gado-gado ini?

Sebelum melanjutkan tujuan dari blog gado gado ini silakan baca kelebihan dan kekurangan dari blog gado gado yang akan kami bahasa di bawah ini.

Kelebihan Blog Gado Gado

Dari judul diatas mungkin sudah menjadi suatu jawaban mengapa saya mengubah blog Basith ID ini menjadi blog gado-gado.

Meski sekarang sudah menjadi blog gado-gado akan tetapi saya sebagai admin akan berupaya sebisa mungkin untuk menjadikan blog ini tetap terlihat profesional dengan cara membuatkan subdomain di dalamnya.

Bagi yang masih belum tahu, Bisa membaca cara membuat sub domain di blogspot tanpa hosting di artikel yang sudah kami bagikan sebelumnya.

Bukan tanpa alasan mengapa saya memilih menjadikan blog Basith ID menjadi blog gado-gado melainkan saya melihat potensi dan juga bisa lebih kreatif lagi dalam mengembangkan blog.

1. Kaya Konten

Ya. Blog Basith ID tidak memiliki banyak konten untuk bisa dinikmati oleh seluruh orang. Usia dari blog ini sudah 2 tahun setengah dan hanya memiliki 153 konten.

Admin berfikir untuk usia blog yang sudah 2 tahun lebih sangat tidak wajar jika masih memiliki konten di bawah 200 postingan.

Tujuan dari admin mengubah blog Basith ID menjadi blog gado gado adalah untuk memperbanyak konten pembahasan agar blog ini menjadi lebih terlihat kaya, aktif dan juga terupdate.

Tutorial blogging sih sebenarnya juga banyak. Jika dituliskan semua konten-konten blogging paling juga di kisaran 1.000 tutorial.

Sedangkan yang admin inginkan blog ini terus eksis dan membuat konten setiap hari ataupun setiap tahunnya.

2. Potensi Blog Gado Gado dari Iklan Adsense

Kalau dulu admin membagung blog ini hanya dikarenakan hobi sharing seputar dunia blogging tanpa harus memikirkan penghasilan dari tulisan yang sudah saya buat.

Akan tetapi sekarang semua hobi sharing tentang pengalaman blog sudah kami jelaskan untuk bisa kamu baca dan tiru berdasarkan pengalaman pribadi didalam postingan Panduan Belajar Blog Lengkap.

Di dalam postingan tersebut admin sudah membuatkan setidaknya 12 BAB yang bisa kamu baca secara gratis.

Berdasarkan dari berbagai materi tersebut harusnya kamu sudah memiliki basic dan skill untuk terjun dalam dunia blogging.

Admin sudah rasa cukup untuk membagikan tutorial blogging ini. Sehingga kita tiba saat blog basith ID menjadi blog gado-gado dan akan memposting banyak niche topik pembahasan.

"Setelah selesai Berkarya Bolehkah kita mengharapkan penghasilan"

Yah. Dengan membangun blog gado-gado pastinya blog ini akan memiliki banyak konten, Lebih aktif, dan akan lebih banyak lagi mendapatkan pengunjung sehingga akan berpotensi mendapatkan penghasilan adsense yang lebih besar.

3. Perubahan Tingkah Laku Pengguna Internet

Setidaknya ada 2 referensi situs besar saat saya membuat blog ini. Situs tersebut adalah jalantikus.com dan juga panduanIM.

Dikarenakan admin sangat menyukai dunia teknologi, Maka jalantikus menjadi referensi utama admin yang pertama untuk membuat konten tekno.

Sedangkan panduanIM adalah situs yang membahas dunia blogging dan juga dunia marketing dan hal tersebut juga menjadi hal yang sangat admin gemari.

Mari kita ulas satu satu dari situs tersebut.

1. PanduanIM


Statis Pengujung PanduIM

SS dari gambar diatas merupakan statis pengunjung bulanan yang didapatkan oleh panduanIM menurut data yang ditampilkan oleh ubersuggest.

Sayangnya admin tidak sempat menyimpan SS statistik pengunjung harian dari PanduanIM di tahun 2018 yang lalu.

Padahal dulunya PanduanIM mendapatkan ratusan ribu visitor per bulan. Tetapi sekarang hanya menjadi 30.000 visitor saja.

Lalu apa maksud dari SS tersebut min?

admin menyimpulkan (Saya peribadi) menganggap performa dari situs yang memiliki satu pembahasan saja di tahun 2021 tidak berkembang dan tidak menjanjikan jika mengharapkan penghasilan dari blog adsense.

Sedangkan PanduanIM tidak fokus pada penghasilan adsense, Melainkan fokus pada jasa konsultasi untuk orang-orang yang membutuhkan jasa dunia marketing.

Tentunya jalan sangat bersimpangan dengan tujuan Basith ID yang sekarang mengharapkan penghasilan dari google adsense.

Sekarang Mari kita lihat statis dari blog referensi admin yang kedua yaitu jalan tikus.

2. Jalan Tikus

Statis Pengunjung Jalan Tikus

Jika kamu juga menjadi orang yang mengikuti perkembangan blog jalan tikus pastinya kamu juga tahu bukan kapan blog jalantikus menjadi blog gado-gado.

Dulunya blog jalantikus ini merupakan situs yang fokus dengan pembahasan teknologi saja. Tetapi sekarang?

Yah sejak bulan maret 2021 website jalan tikus menjadi blog gado-gado yang membahas berbagai niche di luar teknologi seperti anime, film, dan juga postingan berita.

Maksudnya apa min dari SS gambar jalan tikus di atas?

Pendapat admin tentang keputusan website jalan tikus yang menjadi website gado-gado sangat benar dalam mengikuti perkembangan zaman di tahun 2021.

Hal tersebut dibuktikan berdasarkan data statistik pengunjung jalan tikus yang menaik secara melejit ketika menjadi blog gado-gado.

Terus kalau kenaikan visitor naik melejit seperti jalan tikus tersebut apa potensinya min? Potensi adalah penghasilan dari google adsense yang akan menaik.

4. Blog Gado Gado Lebih Mudah di Kenal

Blog gado gado tentunya akan lebih mudah mendapatkan pengunjung dikarenakan random artikel yang dibuat. Dengan demikian semakin mudah blog kamu akan dikenal di indonesia khususnya.

Nah jika blog kamu sudah dikenal tentunya nanti juga akan mendapatkan peluang dari sana, Baik itu iklan endorse langsung dari pengunjung ataupun endorse iklan dari perusahaan.

Daripada blog profesional ngerawatnya susah, Membuat konten juga sudah, Terkenal nggak di copas konten sama situs-situs besar iya.

Agak miris sih jadi blogger kecil seperti kita.

Tapi ya mau gimana lagi, Wong tulisan yang kita buat bertujuan untuk sharing, mau gak mau kita harus mengikhlaskan tentang tulisan yang sudah di copas orang lain tadi.

Hasil akhirnya membuat blogger satu niche itu ( Menjadi blogger Profesional tidak dapat dikarenakan konten banyak copas blogger lain. Pendapatan dari adsense juga sedikit karena sepi pengunjung.

Satu-satunya yang tetap kita dapat pahala sih menurut admin. Dengan pahala dari tulisan itu semoga kamu semua bisa masuk surga amin. ☺️ Sedangkan blogger gado-gado ya dapat pahala, Iya dapat duit pula. 😁

5. Blog Gado Gado Mendapatkan Lebih Banyak Peluang

Detik.com dan Tribun.com dulunya merupakan situs berita. Sekarang admin peribadi beranggapan situs tersebut merupakan situs gado-gado.

Mengapa?

Berita disana juga ada. Download lagu juga ada. Download aplikasi juga ada. Tutorial juga ada. Ya jadi blog tersebut adalah blog gado-gado.

Peluangnya?

Dikarenakan blog website tersebut sering update ada banyak iklan langsung dari berbagai pengujung. Parahnya lagi iklanya yang diterima bukan iklan ecek ecek tapi iklan dari berbagai brand besar.

Untuk contohnya perhatikan pada bagian gambar di bawah ini.

Situ Detik com

Ya. Dari gambar mobile di atas yang saya lingkari dengan garis merah dapat kita lihat ada iklan dari mobil brand toyota.

Padahal jika menurut pemikiran kita apa hubunganya sih mobil avanza dengan berita...? Tapi kenyataanya dunia internet sekarang begitu.

Tak peduli iklan dengan konten memiliki pembahasan yang sama ataupun tidak. Hal yang terpenting adalah banyak dilihat oleh orang banyak di indonesia bahkan dunia.

Mau beli mobil avanza atau tidak urusan nanti. Hal yang terpenting kata toyota pokoknya nge brand dulu dan dikenal oleh masyarakat luas.

Nanti ujung-ujungnya juga akan mendapatkan pengunjung yang memang tertarik dengan mobil avanza tersebut.

Itulah 5 poin kelebihan dari membuat blog gado gado. sekarang mari kita bahas tentang kekurangan dari blog gado-gado ini.

Kekurangan Blog Gado Gado

Kekurangan Blog Gado Gado

Jika sudah ada kelebihan sudah dapat dipastikan akan ada kekurangannya. Berikut ini beberapa kekurangan dari blog gado gado.

1. Blog Gado Gado Lebih Sering Membuat Kesalahan

Memeng hal salah sangat manusiawi dan semua orang sudah pasti akan membuat kesalahan di dunia ini saya setuju.

Bagaimana kesalahan dari blog gado-gado ini bisa terjadi?

Terjadinya kesalahan yang dibuat oleh blogger gado-gado adalah membuat konten yang tidak dikuasai bidang tersebut sehingga menghasilkan konten-konten yang kurang bermanfaat bahkan bisa membuat kerugian pada orang lain.

Semisal blog saya ini membahas tentang dunia pertanian. Saya pribadi nggak pernah tahu tentang bajak tanah di sawah, Tapi bahas masalah bajak tanah di sawah.

Lalu dari mana saya bisa menjelaskan konten bajak tanah di sawah tersebut?

Bisa dari menyimpulkan dari postingan blog orang lain. Bisa juga full copas dari website artikel orang lain.

Hal yang akan terjadi....?

Bisa jadi tulisan kita salah dalam menyimpulkan, Bisa jadi juga orang yang membaca salah memahami karena kita membicarakan hal yang bukan berada di bidang kita.

Kalau hal di atas terjadi, Pastinya petani yang mengharapkan penghasilan dari sawahnya menjadi rugi karena gagal paham dari tulisan yang kita sampaikan.

Atau memang kesalahan kita dalam menulis dan menyimpulkan sehingga membuat petani sawah menjadi gagal mendapatkan kerugian.

2. Jangan Berharap Mendapakan Iklan dari Perusahaan Besar

Perusahaan besar memilih pasar iklan juga kepada perusahaan besar. Jadi hukum antara mobil Toyota beriklan pada detik.com menurut admin itu sangat wajar.

Karna detik.com merupakan perusahan besar dan juga toyota merupakan perusahaan yang besar.

Antara marketing keduanya sudah pasti memiliki pandangan yang jauh lebih berpengalaman dari sudut pandang pengalaman masing masing.

3. Tidak akan Mendapatkan Gelar Seorang Ahli

Blogger gado-gado tidak akan pernah mendapatkan gelar seorang ahli. Bagaimana bisa kita disebut seorang ahli jika pembahasan kita menjadi kemana-mana?

Gak ada satu orangpun yang memiliki banyak keahlian. Karena satu keahlian saja itu tidak cukup kamu tempuh dengan usiamu.

Tapi ada kok tetangga saya ahli membuat mobil? Bisa juga membuat sepeda motor. Lalu bagaimana itu min?

Percayalah tetanggamu itu hanya ahli di bidang modifikasi bukan ahli dibidang membuat mobil ataupun membuat sepeda motor. kira-kira bisa di pahami?

Seorang ahli itu hanya satu dan dia mengerjakan keahlianya.

Karna pada dasarnya seorang ahli bisa menguasai materi dan juga praktek sehingga dia tidak akan memiliki waktu untuk melakukan yang lain.

Ketika kamu membahas satu niche dalam blog mu. Kamu bisa dikatakan seorang ahli dalam bidang niche yang kamu bahas.

Tetapi kamu tidak akan bisa dikatakan seorang ahli blogging dikarenakan tidak mengikuti perkembangan zaman.

Sekian tentang artikel blog gado gado yang dapat kami berikan untuk kamu yang sedang mencari referensi untuk merubah arah tujuan.

Dari seorang blogging menjadi seorang kuli adsense. Karena kita semua membutuhkan makan, pekerjaan, dan juga tempat yang layak dari penghasilan tersebut.

Kesimpulan

Blog gado gado sangat cocok di buat oleh kamu yang mengharapkan banyak pengunjung blog dan juga penghasilan dari google adsense.

Blog gado sangat mudah merawatnya dan juga tidak memiliki kompetitor yang sejati. Sehingga yang kamu butuhkan hanya up to date setiap hari.

Tanpa mementingkan faktor SEO tulisan sekalipun blog gado gado yang kamu buat akan terus berkembang dengan catatan tetap membuat konten yang berkualitas.

Jangan sampai menjadi blogger gado-gado tapi tidak memiliki isi konten yang berkualitas. sudah blog gado-gado isis kartunya juga tidak berbobot. itu justru akan membuat kehancuran pada blog.