-->

11# Cara SEO Youtube Terbaru 2021, Jadikan Video Masuk Trending

Dengan menggunkan teknik SEO Youtube, Anda akan belajar bagaimana cara mengoptimasi video yang di ungguh bisa disenangi oleh youtube dan juga penonton

SEO youtube menjadi topik utama bagi para youtuber yang sedang berlomba-lomba untuk menjadikan video yang di upload mudah ditemukan dan bisa masuk dalam trending youtube. 

Bagaimana SEO youtube bekerja? Apakakh ada aplikasi SEO Youtube? Apakah SEO Youtube bergantung pada Tag yang digunakan? Atau ada tools khusus untuk SEO Youtube? 

Baik, Semua pertanyaan yang ada di atas akan kami jawab semua melalui tulisan yang agak sedikit panajang lebar penuh basa basi ini. 

Panduan SEO Youtube Terbaru 2021

Bagi anda yang sudah lama menjadi youtuber mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah optimasi seo youtube.  

Namun lebih banyak lagi orang-orang yang masih belum mengerti tentang cara optimasi SEO video youtube terbaru di tahun 2021.

Kebanyakan orang hanya mengandalkan konten video yang original dan menguplaodnya begitu saja tanpa memperhatikan faktor SEO di dalamnya.

Youtube memiliki Algorimat  Mesin Pencari yang terus di kembangkan untuk mendapatkan kelayakan video menurutnya paling releven dengan yang di cari oleh pengguna. 

Sehingga Video Youtube yang dioptimasi menggunakan teknik SEO akan jauh lebih diprioritas yang akan berdampak pada peningkatan jumlah penonton, view dan juga Subcriber.

Apa Itu SEO Youtube ?

Panduan lengkap belajar SEO Youtube tebaru di tahun 2021
Panduan Lengkap SEO Youtube Terbaru 2021

SEO Youtube adalah bagian dari upaya yang dilakukan untuk bisa mendapatkan urutan pertama dalam pencarian youtube. 

Dengan menggunkan teknik SEO Youtube, Anda akan belajar bagaimana cara mengoptimasi video yang di ungguh bisa disenangi oleh youtube dan juga penonton. 

Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan agar video yang kita unggah nantinya bisa mendapatkan penonton yang banyak? Berikut ini selengkapnya. 

1. Riset Judul Video Menggunakan Tools Gratis

Sebenarnya ada banyak tools gratis untuk riset judul keyword youtube, Namun untuk tutorial ini kami akan mencobanya untuk menggunakan tools youtube gratisan. 

Sebelum membuat konten video youtube, Sebaiknya gunakan tools ini untuk mengetahui tingkat pesaing dan potensinya. 

Untuk mempermudah Riset Keyword Youtube ada beberapa tools khusus yang bisa digunakan secara gratis seperti google suggest, Neilpatel, keyword tools.io. Berikut langkah-langkahnya.

Buka Keyword Tools io

Gambar-1


Perhatikan baik-baik gambar di atas. Ada beberapa poin penting yang harus kamu pilih terlebih dahulu sebelum menggunkaan tools io. 
  1. Youtube :
    Berfungsi untuk menentukan mesin pencari apakah yang akan anda riset. Apakah youtube atau google. 

  2. Form Pencarian :
    Tentukan dua kata utama yang akan diriset.  

  3. Bahasa : 
    Pilih berdasarkan bahasa apa yang ingin direset. 
Tentukan dari tiga menu yang ada diatas untuk melanjutkna riset judul video youtube anda agar nantinya judul yang digunakan lebih SEO. 

Jika sudah selsai, Pilih tombol pencarian. Nantinya keyword tools io akan menampilkan beberapa kata yang paling populer seperti gambar berikut ini. 

Gambar-2 

Copy beberapa kata yang yang diberikan oleh tools io. Jika memungkinakn silakan anda copy semua keyword tersebut. 

Dari banyaknya kata yang diberikan seperti gambar nomer-2 diatas, Silakan rangkum menjadi kata-kata yang enak dibaca. 

2. Menggunakan Judul Video Yang Lebih Panjang

Admin perhatikan kebanyakan para youtuber pemula memberikan judul video yang sangat pendek, Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap performa video tersebut di dalam pencarian youtube. 

Untuk itu, Rekomendasi dari kami yang terbaik adalah menggunakan judul lebih panjang dengan cara merangkum kata yang diberikan oleh tools tadi menjadi satu kata. 

Untuk contohnya admin menggunakan judul "Whatsapp Mod" yang dipadukan dengan beberapa kata lainya. 

Dari hasil keyword yang diberikan tadi menjadi satu kata "Whatsapp mod apk terbaru 2019 (GB Whatsapp) bisa ganti tema iphone IOS" seperti gambar dibawah ini. 

Gambar-3

Beberapa keyword yang saya tambahkan antara lain 

  1. Terbaru 2019
  2. Gb Whatsapp V7.90 
  3. Bisa ganti tema Iphone Ios 12
Mengapa judul menjad panjang seperti di atas...? 

Dikarenakan banyaknya user yang mengetikan kata whatsapp mod , iphone, ios, terbaru 2019 dipencarian youtube. 

Dari satu video hasil judul yang panjang seperti diatas dapat menghasilakan 127, 5rb tayang, dan 106, 4 rb menit tontonan, dan juga 388 subcriber. 

Jika bisa membuat 5 video saja yang teroptimasi seperti yang saya dilakaukan diatas, Seharunya dalam kurun waktu satu bulan saja sudah mencukupi syarat ketentuan youtube yang bisa di monitizition.

Tidak berhenti disitu saja, Karena beberapa penjelasan diatas merupakan cara optimasi judul video youtube. 

Sedangkan SEO Youtube tidak hanya sekedar judul, Melainkan masih ada banyak lagi faktor lainya. Lanjutkan pada bagian 3. 

3. Konten Video Original

Poin nomer tiga merupakan hakcipta atau ke aslian video yang dibuat. Agar video yang di unggah bisa menjadi SEO, Hal yang harus kamu lakukan nomer tiga adalah membuat konten yang orignal dan video yang dibuat sendiri. 

Menjadi konten creator youtube memang harus membuat video yang original. jika anda seorang reuploader maka percuma saat video berada dipage one pencarian youtube akan dilaporkan oleh pemilik video asli. 

Meniru konten video yang ada di youtube itu sah-sah saja asal tidak menjipalak. Masak buat video sendiri aja ngak bisa?

4. Durasi Video Lebih Panjang Dari Kompetitor

Membuat video original saja tidak cukup, Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat konten video yang lebih panjang, detail, lengkap di bandingkan kompetitor. 

Contohnya: 

Kompetitor membuat video dengan durasi 10 menit, Anda harus bisa membuat video dengan durasi 15 menit / 20 menit untuk dapat menjatuhkan lawan di hasil pencarian nantinya. 

Dipoin ini yang harus anda perhatikan adalah membuat video yang lebih profesional dan mendetail. bukan hanya sebatas video yang lebih panjang saja tapi tidak ada manfaatnya. 

5. Deskripsi Video Yang di Upload 

Jangan pernah menganggap Deskripsi video itu tidak penting. SEO Youtube yang nomer lima ini wajib anda terapkan. 

Cara untuk optimasi deskripsi youtube ini sangatlah mudah, Yang pertama sudah pasti memperhatikan deskripsi video yang digunakan kompetitor. 

Buat deskripsi video dengan kata-kata anda sendiri, Tidak boleh melakukan copy paste dari deskripsi video orang lain. 

Kalau bisa, Tulisan semua kata-kata yang anda gunakan dalam video untuk dijadikan deskripsi dari video yang sudah di unggah. 

Contoh Judul : Whatsapp Mod Tebaru (Gb Whatsapp V7.90 ) bisa di ganti Tema Iphone. 

Untuk memperkuat judul keyword yang anda buat di atas adalah dengan cara memberikan keyword turunan pada deskripsi seperti berikut.

Contoh Deskripsi : 

Whatsapp mod terbaru di tahun 2019 adalah Gb Whastapp V7.90. Salah satu fitur terbaik dari Gb wa mod ini adalah fitur tambahan yang ada di dalamnya. Seperti menonaktifkan tanda online, centang 2, dan masih banyak privasi yang lainya. 

Jika dilihat dari segi fitur untuk Gb Whastapp mod ini hampir sama dengan whatsapp mod saudarnya yaitu Fm Whatsapp Mod, Whatsapp Plus, Whatsapp Iphone, Rc YoWhatsapp mod. 

Namun yang saya sukai dari Gb Whatsapp mod V7.90 ini pada bagian tampilanya, yang mana anda dapat dengan mudah mengcustom tema menjadi seperti yang anda inginkan. Bahkan juga bisa di ganti degan tampilan Whastapp Mod Iphone IOS 12.

6. Membuat Thumbnail Custom Yang Lebih Menarik

Saat seseorang mencari video di youtube yang pertama di terlihat ada pada bagian Thumbnail gambar sebelum video di tonton. 

Jika Thumbnail video youtube saja tidak bagus,  Banyak kemungkinan orang akan engan untuk menonton video yang sudah anda upload. 

Panduan Lengkap SEO Youtube Terbaru-3
Gambar-4

Perhatikan pada bagian Thumbnail video gambar diatas. Gambar Thumbnail aslinya adalah 3 sebelah kanan. 

Saya mengantinya dengan Thumbnail custom yang berada di sebalah kiri saya lingkari garis merah seperti gambar diatas.  

7. Optimasi Tag Video

Seo tag youtube ini tidak boleh dilewatkan. Karna tag dalam video youtube berfungsi untuk menjadikan kata terkait dalam konten video yang di tonton oleh pengguna. 

Panduan Lengkap SEO Youtube Terbaru-4
Gambar-5

Jika kita perhatikan pada bagian tag tag video yang saya gunakan hingga mencapai maximum 30 kata. 

Dari mana saya menemukan tag SEO Youtube ini...? 

Ya dari keyword kata yang diberikan keyword tools io yang sudah kita lakukan riset pada bagian poin pertama tadi. 

Kalau mau liat tag video youtube orang lain apakah bisa min? Tentu saja bisa untuk pengguna yang memiliki PC/Lapop yang terinstall crome. 

Caranya cukup simple, Tinggal install add on crome Keyword Everyware. Secara otomatis akan menampilan tag yang digunakan seperti gambar dibawah ini. 

Contoh kita akan mencari tahu tag apa yang digunakan oleh video yang ada di trending hari ini. 

Tinggal lihat video > maka akan secara otomatis tags yang digunakan akan di tampilkan sebelah kanan oleh kwyword everyware. 

Gambar-6

Perhatikan pada bagian sebelah kanan yang saya lingkari merah, Itu merupakan Tags yang digunakan oleh kompetitor. 

Anda bisa mengcopy seluruh tag yang ada dan menambahkanya dengan tag baru yang telah diberikan oleh tools io. 

8. Membuat Konten Video Yang Serupa

SEO youtube yang nomer delapan ini ternyata masih banyak para youtuber yang belum mengetahuinya. 

Untuk dapat meningkatkan SEO Youtube anda, Cobalah untuk membuatkan video dengan Sesion Part-1 hingga Part-5.

Buat lima video dengan minimum durasi 5 menit saja. Terlebih jika memungkinkan membuat banyak part jauh lebih bagus. 

Jika konten tidak memiliki part, Maka alternatif selanjutnya membuat video yang serupa dengan konten video yang pertama. 

Untuk contohnya dapat dilihat seperti gambar dibawah ini. 

Gambar-7

  1. Video 1 :
    Gb Whastapp Mod Terbaru V7.90 2019
  2. Video 2/3/4/5 :
    - Rc Whatsapp Mod
    - Delta Whatsapp mod
    - Fouad Whatsapp

Dengan cara seperti diatas, Chanel youtube akan lebih direkomendasikan dan memiliki reputasi yang baik dalam algoritma SEO Youtube. 

Selanjutnya, Akan ada banyak chanel youtube yang akan merekomendasikan "Tonton video selanjutnya " kepada konten video yang anda buat. 

Baca Juga : 7# Blogger Sukses Berpenghasilan Tertinggi di Dunia

9. Membuat Play List Video

Poin sembilan untuk cara Optimasi SEO Youtube ada pada bagian jenis play list konten video yang sudah diuplaod.

Poin ini bertujuan agar nantinya pengguna yang menonton video yang sudah di unggah dapat dengan mudah melihat konten yang di inginkan berdasarkan play list video. 

Gambar-8

Selain dapat memudahkan pengunjung juga tidak akan menutup kemungkinan play list yang sudah anda buat tadi masuk dalam pencarian youtube. dan itu sangat baik

Karena, Jika sampai PlayList youtube anda yang tampil pada bagian pencarian youtube akan berpotensi meningkatkan tayang / view pada semua video yang ada didalamnya. 

Baca Juga : Youtube Mod Tanpa Iklan

10. Tingkatkan Reputasi Chanel

Cara Optimasi SEO Video Youtube yang terahir Membuat chanel yang memiliki reputasi baik. Ada banyak sekali yang hal ini. untuk contoh mengkaitkan video 1 dengan video yang launya.

Cara ini bisa anda lakukan dengan memberi link video yang serupa pada bagian deskripsi, atau juga bisa memberikan kartu layar ahir pada bagian video seperti gambar berikut ini :

Gambar-9

Dengan cara menambahkan layar ahir pada bagian vidoe yang lebih awal anda upload akan membuat konten video tersebut bereputasi baik dan memberikan nilai positif pada pengguna untuk melihat vido anda yang lainya.

11. Membuat Backlink Konten

Ngak cuman blogger doang yang butuh backlink, SEO Youtube juga memiliki algoritma backlink layaknya website.

Untuk Optimasi Backlink youtube ini sangatlah mudah, Anda hanya cukup menambahkan link video yang sudah pernah diupload pada video yang saat ini sedang anda upload.

Tidak hanya sebatas backlink pada bagian deskripsi saja, Melainkan juga pada bagian backlink yang ada di bagian akhir video yang sudah di tonton. 

Baca Juga : 5 Cara paling Mudah Dapatkan Uang dari Blog

Kesimpulan Cara SEO Youtube

Inti dari semua permbasahan yang sudah kami jelaskan diatas, Yang terpenting adalah bisa konsisten up to date dalam membuat konten.

Mengapa harus konsisten dalam mebuat konten? Karna sudah ada jutaan youtube yang hari ini sedang berlomba-lomba untuk menjadi youtuber no.1

Ingat waktu dulu anda sekolah?

Sekalipun anda bodoh dan lelet dalam pelajaran saat berada di dalam kelas,  Tapi anda tetap menjadi prooritas utama bagi guru tesebut. 

Sama halnya dengan youtube, Meskipun anda sudah optimasi dari berbagai aspek yang sudah kami jelas diatas, Percuma kalau anda tidak bisa konsisten dan selanjutnya anda akan di abaikan oleh youtube. 

Semuga Bermanfaat. #BasithStevieJhei.