-->

Barokah Menjadi Abdi Dalem, Bisa Lulus Kuliah S1

Stories III

Tulisan ini berisi konten cerita tentang bagaimana saya bisa berkuliah dan menyelesaikan pendidikan sarjana s1 di Universitas KH.Wahab Chasbullah Jombang. 

Pada tahun 2014 saya lulus dari bangku SMA dan MA di pondok pesantren Asshomadiyah Burneh, Bangkalan Madura. 

  • Aku : Menghadap ke orang tua, Bapak aku pengen kuliah seperti mas. Kali ini aku benar-benar ingin belajar dan gak main-main lagi sekolahnya.

  • Bapak : Nak nunggu mas-nya lulus kuliah dulu. Bapak gak ada uang buat kuliahin kamu.

  • Aku : Tapi pak mas kan baru kuliah (semester 4) Masih nunggu 2 tahun lagi pak.

  • Bapak : Ya mau gimana lagi nak bapak gak ada uang buat kuliahin kamu. 

Ketika mendengar pernyataan dari bapak seperti itu, Rasanya sih kecewa sama orang tua. Benar sih bapak menjanjikan aku bisa kuliah, Tapi harus nunggu 2 tahun lagi. 

Yang aku khawatirkan, Jika nunggu 2 tahun lagi semangat kuliah ku takut hilang. Namanya juga anak baru UMUR 18 tahun ya kan? Dimana usia segitu pas labil labilnya. 

Pernah juga berfikir untuk sambi lalu bekerja dan kuliah. Tapi mau kerja apa juga…? Waktu itu kesempatan untuk bisa bekerja di Kabupaten Bangkalan sangat minim. Satu satunya pekerjaan yang mudah dilakukan menjadi petani.

Singkat cerita aku gak bisa berbuat apa-apa. Mau ngandelin bidik misi untuk bisa kuliah, Tapi prestasi ku di masa SMA terlalu buruk “Rangking 3” dari belakang. 

Awal 2014 masa-masa gelap pertama yang aku rasakan, Ngak punya tujuan dan juga harapan yang beriringan dengan kecewa karena keinginan untuk bisa kuliah tidak terpenuhi. 

Ketimbang gak bisa berbuat apa-apa, Ya sudahlah mending balik lagi ke pondok fokus ngabdi di dalem kyai dan Bu Nyai. 

Note : Dalem adalah tempat tinggal Kyai atau Bu Nyai dalam bahasa halus madura.  

Sebenarnya menjadi abdi dalem sejak 2009 (Masa SMP kelas 2) di dalem “Gus Afif noer dan Nyai Leni”. Tapi saat itu tidak sepenuhnya ngabdi dalem karena masih sibuk sama sekolah SMP dan juga MTSn.

Di tahun 2014 sudah sepenuhnya pyur ngabdi dalem, gak ngaji, gak sekolah karna udah lulus semua. 

Aktivitas setiap harinya ya cuman Nyapu, ngepel, nyuci baju kyai & Bu nyai, nyetrika, cuci mobil, cuci sepeda motor, nyupir dan jika semua tugas sudah selesai standby di kamar sebelah dalem begitu terus sampai 6 bulan. 

Sampai pada suatu hari, Putra nyai sepuh yang bernama “Gus Isla” yang juga merupakan kakak dari gus “Gus afif” itu pulang dari jombang untuk merayakan hari raya idul fitri di madura. 

  • Gus isla : Kenapa kamu gak pernah sekolah, Kok setiap hari saya lihat cuman di dalem aja tanya gus isla?
     
  • Saya : Sudah lulus gus jawab saya. 
  • Gus Isla : Kenapa gak kuliah?

  • Saya : Saya tidak menjawab sepatah kata pun takut buat malu bapak. Gus Isla pun paham, Ketika saya tidak menjawab pertanyaanku sudah pasti permasalahanya ekonomi gak punya biaya buat kuliah. 

  • Gus Isla : Lanjut dawuh, Gak boleh santri itu gak sekolah pokoknya harus kuliah. Kalau emang gak ada uang buat biaya kuliah, Kamu ikut aku ke jombang, Nanti saya yang kuliahin kamu disana. Gimana tanya gus isla? 

  • Saya : Iya gus nanti saya bilang sama bapak. Kebetulan dulunya bapak saya juga seorang santri abdi dalem yang setiap harinya bantu-bantu “Abah yai dan ibu nyai” dari gus isla. 

  • Gus isla : Sudah sudah telpon sekarang bapaknya. Besok suruh menghadap ke saya pesan dari gus isla. 

Saya pun langsung telpon bapak dan menceritakan semua dawuh dari gus isla tadi. Hari itu juga bapak langsung ke pondok untuk berdiskusi dengan saya. 

Singkat cerita bapak bilang, Udah nak jangan ikut gus isla-nya ke jombang. Kamu yang sabar aja nunggu 2 tahun lagi, Nanti kalau mas-nya sudah lulus bapak kuliahin kamu, Untuk sementara gak apa-apa kamu nganggur dulu jadi abdi dalem disini. 

Saya, Loh kenapa pak.? Kebetulan kan bapak gak bisa kuliahkan saya, Sekarang ada kesempatan gus isla yang mau kuliahin saya juga kok masih juga gak dibolehin.?

Bapak, Ya nak bapak tau, faham kamu pengen kuliah. Tapi bapak malu kalau biaya kuliah mu di tanggung sama gus isla-nya. Bapak mau bilang gimana nanti pas menghadap gus isla-nya?

Tapi pak, Gus isla sudah bilang sama Bu nyai sepuh kalau mau bawa saya ke jombang. jadi nanti aku disana bisa jadi abdi dalem juga pak, bantu bantu dalem, jadi supir juga. Sama kayak disini tapi bedanya disana aku bisa kuliah. 

Bapak juga bingung nak, Mau nolak tapi gimana caranya nanti malah bapak marahin gus isla-nya.

Singkat cerita, Menghadaplah saya dan bapak ke gus isla. 

Gus Isla : Soleh, anak mu kan sudah lulus semua sekolahnya disini, rencana mau saya bawa ke jombang nanti saya kuliahkan disana biar pendidikannya berlanjut. Sudah kamu tidak perlu khawatir masalah kuliah, biar nanti saya yang kuliahkan basith di jombang

  • Bapak : Sebelumnya terimakasih gus sebanyak-banyaknya. Iya gus saya manut dawuh panjenengan.

  • Gus Isla : Hari yang bagus untuk mondok itu, Kalau nggak rabu ya minggu. Jadi mau berangkat hari apa ke jombang tanya gus isla?

  • Bapak : insyaallah nanti hari minggu gus jawab bapak. 
  • Gus isla : Ya sudah saya tunggu di jombang hari minggu ya. 

Jombang 6 Juli 2014, Alhamdulillah saya berstatus sebagai santri baru di jombang. 

Kabar baiknya lagi setelah sampai ke jombang. Gus isla bilang, Sudah Sholeh (Bapak saya) nggak usah mikir anaknya lagi. Semuanya biar saya yang tanggung disini, Makan nanti tinggal ngambil di belakang ada pembantu saya yang setiap harinya masakin, Nanti Kuliahnya juga aku yang bayarin. 

01 Desember 2018 Lulus Sarjana S1 TEKNI INFOMATIK

ABADUL BASITH, S.KOM
ABADUL BASITH, S.KOM

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada “KH. Isla Noer dan Bu Nyai Hj. Mundliatun Nachiyah” yang telah memperlakukan saya seperti anaknya sendiri. 

Terimakasih telah memberikan saya tempat tidur yang sangat layak dengan kamar yang luas, kasur springbed, Makan setiap hari dan menyekolahkan saya sampai lulus sarjana s1.

Terimakasih telah memberikan contoh teladan yang baik dan membimbing saya untuk mengetahui banyak ilmu yang tentunya sekarang sangat bermanfaat untuk saya. 

Gus isla, selalu mengajarkan saya tentang disiplin, tepat waktu untuk menunaikan kewajiban beragama dan juga tepat waktu mengerjakan pekerjaan. 

Nyai Mundli, selalu mengajarkan saya tentang arti tirakat, membaca amalan-amalan alquran, sholat malam, sholat dhuha dan tentunya kegiatan ini tidak hanya diajarkan saja melainkan bu nyai memberikan contoh langsung yang setiap hari saya saksikan.