Apa itu WhatsApp Business, Kelebihan dan Kekurangan WA Bisnis
Teknologi yang kian berkembang turut mempengaruhi perubahan di dunia bisnis. Karenanya para pelaku usaha baik kecil maupun besar dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi sebagai sarana mempromosikan dan memasarkan produknya. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business.
Apa itu WhatsApp Business?
Apa itu Whatsapp Business |
Kebanyakan pelaku bisnis mulai mempromosikan produknya melalui teknologi agar informasi dapat sampai ke telinga konsumen.
Salah satunya adalah melalui media sosial yang setiap harinya dikunjungi dari berbagai kalangan dan juga kelompok usia.
Media sosial yang tengah populer dalam beberapa waktu belakangan adalah Instagram, Facebook dan juga TikTok.
Namun ternyata tidak hanya itu, WhatsApp juga merilis aplikasi yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis, yaitu WhatsApp Business.
Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang berupa aplikasi bertukar pesan untuk kepentingan pribadi, WhatsApp Business dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pelaku bisnis berkomunikasi dan terhubung dengan konsumennya.
Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger
Sebelum Anda menggunakan kedua aplikasi tersebut, Anda harus tahu perbedaan fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger.
Profil Akun
Profil akun merupakan fitur terpenting agar orang mengetahui siapa pemilik profil tersebut. Pada profil akun akan menampilkan profil bisnis, mulai dari nama bisnis, kategori, alamat, jam kerja, alamat website, hingga penjelasan singkat mengenai bisnis yang Anda jalankan.
Sedangkan WhatsApp Messenger hanya terdapat nama pengguna, info serta nomor telepon.
Balas Pesan Otomatis
WhatsApp Business memiliki fitur balas pesan otomatis yang dapat mempercepat Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, fitur tersebut tidak dimiliki oleh WhatsApp Messenger.
Misalnya ketika pelanggan mengetik angka 1, maka akan muncul chat seperti pesan selamat datang, Frequently asked questions (FAQ), atau informasi lainnya.
Pesan Siaran (Broadcast)
Ketika Anda ingin mengirimkan pesan ke ratusan orang, mustahil jika Anda mengirim secara satu per-satu.
Dengan menggunakan WhatsApp Business Anda dapat mengirimkan pesan lebih dari satu orang dengan template yang sama dalam satu waktu, tidak dengan WhatsApp Messenger yang hanya dapat mengirimkan pesan kepada satu orang saja.
Fitur ini akan sangat membantu ketika bisnis sedang mengadakan promo atau ada informasi penting lainnya.
Tampilkan Tombol “Tambah ke Keranjang”
Fitur ini akan mempermudah proses pemesanan dan memungkinkan pelanggan untuk mengumpulkan item yang akan masuk kedalam keranjang untuk menambahkan dan mengirimkan semua item yang diinginkan kepada Anda dalam satu pesan.
Kelebihan Aplikasi WhatsApp Business
1. Profil Akun Bisnis
Profil akun bisnis akan menampilkan informasi mengenai bisnis Anda, mulai dari nama, deskripsi, kategori usaha, alamat, jam kerja, hingga email atau tautan singkat.
2. Verifikasi Akun
Untuk mengamankan akun Anda dari seseorang yang tidak dikenal login ke akun Anda, verifikasi ini akan melindungi akun Anda dari hal tersebut. Fitur ini akan mengamankan WhatsApp Anda dengan cara pendaftaran 6 Digit Nomor PIN.
Ketika mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda memiliki opsi untuk memasukkan alamat email. Informasi tersebut akan memungkinkan WhatsApp untuk mengirimi Anda email berisi tautan untuk menyetel ulang ketika Anda lupa PIN dan juga untuk membantu menjaga keamanan akun Anda.
3. Nomor Telepon (Rumah/Kantor)
Pada WhatsApp Messenger, pengguna hanya dapat menggunakan serta menampilkan satu nomor ponsel. Namun pada WhatsApp Business, Anda dapat menggunakan nomor ponsel sekaligus menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor.
Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memisahkan akun bisnis dan pribadi dari nomor seluler yang digunakan untuk kepentingan personal. Sehingga, percakapan yang bersifat pribadi tidak bercampur dengan bisnis.
4. Katalog Produk
Dengan fitur katalog, Anda dapat dengan mudah memberikan informasi mengenai produk yang akan ditawarkan. Katalog tersebut akan ditampilkan pada profil bisnis.
Menjadikan proses pemesanan lebih mudah dan memungkinkan pelanggan menggunakan fitur keranjang untuk menambahkan semua item yang diinginkan dalam satu pesanan.
5. Pesan Pembuka (Greeting Message)
Greeting Message, yang memungkinkan Anda menyapa dan menyambut pelanggan baru melalui pesan otomatis. Fitur ini juga memudahkan Anda untuk mempromosikan produk baru kepada seluruh konsumen.
6. Pesan Tidak di Tempat (Away Message)
Away Message, fitur ini memungkinkan Anda membalas pesan dari konsumen secara otomatis, sehingga meski sibuk, Anda tetap bisa menjawab konsumen.
7. Balas Cepat (Quick Reply)
Quick Replies, dengan fitur ini, Anda dapat membalas pesan dari konsumen dengan pertanyaan yang sama.
Mudah saja, Anda cukup membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan konsumen tentang bisnis Anda.
Saat ada pesan masuk, Anda cukup mengetik simbol garis miring (/) dan akan muncul quick replies yang sudah Anda buat, sehingga dapat menghemat waktu.
8. Analisis Data Statistik & Interaksi Pelanggan
Fitur Statistik aplikasi WhatsApp Business membantu Anda memahami interaksi dan pengalaman pelanggan. Fitur ini menampilkan berapa banyak pesan yang dikirimkan, tersampaikan, dibaca, dan diterima.
9. Kelompok Pesan (Labels)
Kelompok pesan (labels) akan memudahkan Anda untuk mengelompokan berbagai kategori pelanggan. Mulai dari pelanggan baru, pesanan baru menunggu pembayaran, telah membayar atau pesanan selesai.
10. Integrasi Media Sosial (Instagram dan Facebook)
Jangkau lebih banyak pelanggan dengan integrasi media sosial. Anda dapat mengaitkan akun WhatsApp Business dengan halaman Facebook atau Profil Instagram guna menyediakan cara lain pelanggan untuk berkomunikasi.
11. Tautan Singkat (Short Link)
Gunakan fitur ini untuk membagikan tautan pendek kepada para pelanggan. Tautan pendek tersebut dapat mereka gunakan untuk memulai chat.
Jika pelanggan membuka tautan pendek tersebut di Whatsapp yang terpasang pada perangkat, aplikasi akan langsung membuka chat antara pelanggan dan Anda.
12. Kode QR
Pelanggan Anda dapat memindai kode untuk memulai chat whatsapp. Kode QR WhatsApp mempermudah orang-orang untuk menemukan dan berkomunikasi dengan bisnis Anda.
Pelanggan potensial maupun yang sudah ada dapat mengirimi Anda pesan di WhatsApp dengan memindai kode QR akun bisnis Anda.
Kekurangan Aplikasi WhatsApp Business
1. Nomor Ponsel Permanen
Bagi Anda yang senang berganti-ganti nomor digunakan untuk mengisi profil akun, sekarang Anda perlu hilangkan kebiasaan tersebut.
Pada aplikasi WhatsApp Business menyarankan agar Anda tidak mengganti nomor, sehingga Anda harus memastikan nomor yang akan dipakai harus bersifat permanen.
2. Potensi Kebocoran Data Pribadi
Kebocoran data adalah hal yang paling ditakuti oleh para pelaku bisnis. Kebocoran ini mungkin saja terjadi pada WhatsApp, dimana potensi ini akan selalu ada ketika oknum yang tidak bertanggung jawab ingin memanfaatkan akun bisnis yang populer.
3. Nomor yang Berbeda dengan WhatsApp Messenger
Menggunakan WhatsApp Business bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp Messenger. Anda masih bisa menggunakan WhatsApp Messenger dengan WhatsApp Business secara bersamaan, namun dengan nomor yang berbeda.
Keuntungan WhatsApp Business Bagi Pelaku Bisnis
Meningkatkan Efisiensi
Apabila seluruh fitur WhatsApp Business bisa digunakan dengan maksimal, maka performa bisnis pun akan berjalan dengan baik.
Contohnya, dengan menggunakan nama fitur label, Anda akan lebih mudah memberikan nama untuk setiap kategori pelanggan.
Selain itu, melakukan follow up kepada pelanggan dapat dilakukan dengan lebih mudah karena Anda bisa melihat kategori pelanggan yang “belum bayar” ataupun “pre-order”.
Mempermudah Komunikasi dengan Pelanggan
Keuntungan yang didapat ketika menggunakan WhatsApp Business adalah mendapatkan kemudahan dalam berkomunikasi dengan pelanggan.
Selain itu, fitur di dalamnya dapat memudahkan Anda untuk mengatur pesan di luar jam kerja agar pelanggan mengetahui kapan bisnismu tutup atau membuat balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.
Profil Bisnis yang Jelas
Ketika memilih untuk menggunakan WhatsApp Business, Anda pasti harus membuat profil bisnis, yaitu identitas bisnis seperti menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan informasi lain.
Profil Akun - WhatsApp Business
Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah mengenal dan percaya terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.
Penutup
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi WhatsApp Business. Mulailah mengidentifikasi dimana pelanggan Anda berada, lalu sesuaikan apakah WhatsApp Business adalah platform yang tepat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, atau justru menggunakan aplikasi serupa seperti Telegram dan Facebook Messenger.
Selain itu WhatsApp juga menyediakan layanan lain khusus untuk bisnis dengan skala menengah hingga besar. Layanan itu adalah WhatsApp Business API yang tentunya juga memiliki segudang fitur-fitur menarik.