-->

Cara Membuat Invoice Paypal Untuk Tagihan Pembayaran

PayPal adalah platform populer yang digunakan untuk transaksi internasional(antar negara). Jika kamu seorang staff sales atau penjual produk ...

Cara Membuat Invoice di Paypal -  Invoice atau bisa dikatakan tagihan untuk meminta pembayaran kepada seseorang yang akan membeli produk ataupun jasa yang kita sediakan melalui paypal.

Siapa yang masih tidak tau tentang paypal ini...?
PayPal adalah platform populer yang digunakan untuk transaksi internasional(antar negara). 

Jika kamu seorang staff sales atau penjual produk maupun jasa internasional tentunya kamu harus tahu cara membuat invoice melalui PayPal ini.

Invoice paypal adalah sebuah dokumen yang dikirimkan oleh penjual kepada pembeli berkaitan dengan transaksi penjualan yang sudah disepakatinya.

Dalam dokumen Invoice paypal tersebut tertulis produk, jumlah, dan harga yang disepakati untuk produk atau layanan yang telah diberikan penjual kepada konsumen. 

Nah bagi kamu yang masih belum tahu tentang bagaimana cara memebuat Invoice di paypal ini tanpa ribet simak selengkapnya di bawah ini yuk.

Cara Membuat Invoice PayPal Tagihan Pembayaran

Cara Membuat Invoice PayPal Tagihan Pembayaran

Cara yang pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun paypall. Untuk yang belum tahu caranya silakan baca tentang cara membuat akun rekening paypal.

di artikel ini kami hanya berfokus pada bagian cara membuat Cara Membuat Invoice di Paypal saja, Untuk itu silakan simak artikel sebelumnya jika kamu belum membuat rekening di paypal ini. 

1. Login akun Paypal.

Gambar - 01
Pastikan kamu sudah login dan masuk ke akun paypal kamu, Bisa menggunakan gadget atau juga bisa menggunakan laptop ataupun PC.

Nah untuk tutorial ini admin akan menggunakan laptop dan juga menggunakan browser crome > Buka google crome > lalu masuk ke situs paypal > Pilih akun login.

2. Bayar & Terima Pembayaran

Pada saat anda sudah login di akun paypal > Pilih pada bagian Bayar & Terima Pembayaran seperti pada gambar di bawah ini. 

3. Kirim Faktur 

Untuk dapat mengirimkan tagihan pembayaran kepada sesorang, Kamu hanya butuh mengklik pada bagian kirim faktut yang ada di bagian samping kanan seperti pada gambar - 03 di bawah ini. 


Sebalum kamu membuat invoice alangkah baiknya jika kamu mengisi informasi lengkap tentang binis dan juga informasi akun paypal kamu. 

Klik pada bagian edit informasi binis kamu seperti pada gambar di bawah ini. 


Lalu isikan beberapa informasi seperti : 
  • Nama bisnis 
  • Alamat toko binis
  • Email 
  • Nomor telepon
  • Alamat website resmi 
Jika sudah klik simpan profile > Selanjutnya lanjutnyakan mulai mengisi invormasi invoice tagihan yang ingin kamu buat.

4. Isi Informasi Invoice Paypal 

Informasi apa saja yang harus dimasukan di dalam invoice paypal ini, Berikut ini : 
  • Alamat email pembeli
  • Nama barang / Jasa 
  • Berapa banyak atau kualitas barang. 
  • Harga produk / Jasa 
  • isikan pajak jika produk atau jasa kamu menggunakan PPN / PPH


Jika dari semua form diata sudah kamu isikan selanjutnya pastikan kamu memberikan deskripsi lengkap tentang perjanjian barang / jasa yang akan kamu berikan.

5 . Kirim invoice

Setelah semua data-data yang ada telah sesuai, cara selanjutnya adalah mengirimkannya setelah membuat invoice tersebut melalui PayPal.

Berikut informasi invoice yang sudah berhasil kami buat. 

Gambar - 05 
Data tagihan tersebut akan secara otomatis dikirimkan pada email yang sudah kamu tentukan pada langkah nomor 2.

Untuk lebih memudahkan kamu untuk mengirimkan invoice tersebut, Kamu juga bisa mengirimkan link invoice tersebut melalu email langsung / whatsappp. 

Fitur-Fitur Invoice PayPal

Cara Membuat invoice melalui PayPal merupakan cara yang mudah untuk mengirimkan tagihan dan menerima pembayaran.

Selain mengirimkan tagihan di paypal, kamu juga dapat mengelola invoice yang dikirimkan mulai dari status pembayaran, hingga melakukan pencatatan pembayaran secara manual.

Semuanya bisa kamu lakukan baik melalui website atapun aplikasi PayPal Business.

Semua fitur-fitur ini bisa kamu manfaatkan tanpa biaya tambahan apapun. Kamu hanya akan dikenakan potongan biaya pemrosesan standar PayPal ketika kamu mendapat kiriman secara online atau dari kartu debit/kredit.

Biaya tersebut sebesar 2,9% dari total biaya transaksi ditambah 0,30 dolar AS (fixed fee).

Melalui PayPal, kamu bisa mengelola pencatatan tagihan dan pembayaran yang kamu terima dari konsumen. Ini akan memudahkanmu untuk mengelola pendapatan dan mengembangkan usahamu.

Itulah Cara Membuat Invoice Paypal Untuk Tagihan Pembayaran yang dapat kami bagikan, Jika masih ada pertanyaan silakan berikan di kolum komentar postingan ini.