-->

Apa Itu Alexa Rank? Memahami Fungsi dan Kegunaanya

Sebenarnya sudah ada banyak para blogger yang mendefinisikan arti dari alexa rank itu sendiri, Namun disini akan langsung saya kutip suber resminya.

Dikala sedang optimasi SEO pada sebuah blog kebanyakan para blogger merekomendasikan untuk mencari backlink berkualitas melalui sebuah blog yang memiliki alexarank kecil. 

Lalu apa itu alexa rank? Mengapa alexarank sangat penting untuk sebuah blog atau website? apakah alexarank ada kaitanya degan google indek?

Pada pembahasan ini kita akan mempelajari tantang fungsi dari alexarank pada sebuah blog. Meski sebenarnya sudah banyak para blogger yang membahas dan mendefinisikan alexarank. 

Apa Itu Alexa Rank?

Apa Itu Alexa Rank?
Apa Itu Alexa Rank?

Alexa Rank adalah sebuah tool marketing yang menggunakan data traffic sebuah website untuk me-ranking website popular. Alexa Rank banyak digunakan oleh bisnis untuk menganalisa kompetisi. 

Ranking Alexa ditentukan dengan menggabungkan data estimasi jumlah pengunjung website dan berapa banyak halaman yang dikunjungi pengunjung website.

Alexa sendiri awalnya adalah perusahaan di California yang didirikan pada tahun 1996 dan diambil alih oleh Amazon pada tahun 1999. Alexa memang fokus di bidang pengumpulan data traffic website.

Pada awalnya, Anda membutuhkan toolbars dan extension browser untuk mengumpulkan data. Dengan data-data ini, Alexa membantu berbagai bisnis untuk berkembang.

Salah satunya adalah Wayback Machine, sebuah arsip Internet. Tetapi produk mereka yang paling terkenal adalah Alexa Rank – sebuah metric yang menyusun ranking website sesuai dengan popularitasnya atau berapa banyak orang yang mengakses dan menggunakan website itu dalam tiga bulan terakhir.

Bagaimana Alexa Rank Menilai Suatu Website?

Pengukuran atau penilayan Alexa Rank pada sebuah website atau blog di ukur dari jumlah trafik dan page view yang ada. 

Alexa Rank dapat mengetahui  berapakah jumlah pengunjung serta page view (jumlah halaman yang di lihat) pada website atau blog. 

Setelah semua data terkumpul menjadi satu maka mesin alexa rank akan secara otomatis membuat ranking atau peringkat pada website tersebut. 

Alexa rank akan menilai dengan bilangan lebih kecil terdahhulu,  Jadi jika website atau blog anda memiliki kunjungan yang besar setiap harinya pasti nilai alexa kamu akan menjadi kecil. 

Nilai atau ranking alexa berbeda dengan google pagerank, nilai atau ranking pada alexa rank semakin kecil maka semakin bagus, jika google pagerank semakin besar maka semakin bagus pula.

Pentingkah Alexa Rank Untuk Suatu Website atau Blog?

Bagi anda pemilik suatu website atau blog yang tidak menjadikan website atau blognya sebagai mencari uang di internet / web bisnis, maka alexa rank tidak terlalu berguna. Namun meskipun tidak terlalu berguna, alexa rank membuat gengsi tersendiri. 

Karena kebanyakan blogger lain menggangap bahwa semakin bagus nilai alexanya maka akan semakin bagus pula nilai suatu website atau blog.

Berbeda dengan pemilik web atau blog yang tidak menjadikan web atau blog miliknya sebagai tempat untuk mencari penghasilan di internet, alexa rank penting sekali bagi anda yang menjadikan web atau blog sebagai tempat untuk mencari penghasilan di internet. 

Kenapa sangat penting? karena tempat-tempat mencari penghasilan di internet seperti , Sponsored Review, serta beberapa web yang mau beriklan lainnya menjadikan alexa rank sebagai tolak ukur kelayakan beriklan pada sebuah website. 

Semakin bagus alexa rank yang anda miliki, maka akan berbondong-bondong pula para pemasang iklan atau adverstiser yang mau memasang iklan di web atau blog anda, ini artinya  $ akan sangat mudah  untuk anda dapatkan.

Apakah Alexa Rank ada Sangkut Bautnya Dengan Idek Google?

Ini yang banyak menjadi permasalahan khususnya bagi para blogger yang baru mengenal alexa rank. Mereka beranggapan bahwa semakin kecilnya angka alexa maka semakin bagus pula blog kita di google. 

Hal tersebut tidaklah benar. 

Google dan alexa tidak ada hubungannya. Alexa yang merupakan anak dari amazon hanyalah sebuah website yang memperhitungkan nilai ranking berdasarkan dari situsnya sendiri, bukan dari search engine lain seperti google, yahoo, dll. 

Google index hanya berpengaruh pada seo onpage dan seo offpage, silakan baca artikel-artikel saya mengenai seo. 

Jadi, dapat dikatakan bahwa alexa rank tidak ada hubungannya dengan google dan search engine lainnya, situs ini hanya mengambil ranking bedasarkan datanya sendiri. 

Bagaimana Cara Memperkecil Alexa Rank?

Karena alexa rank begitu penting bagi pemilik website atau blog yang fokus pada bisnis, pastinya akan sangat memaksimalkan rank pada alexa ini. 

Ada banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan alexa rank, namun sepertinya Basith ID tidak akan membahasnya pada posting kali ini, nanti malah kepanjangan. 

Salah satunya yaitu dengan meningkatkan PA dan DA pada sebuah blog. Mungkin cukup sudah pengenalan tentang apa itu alexa rank? 

Jika masih terdapat beberapa yang belum dimengerti silakan berikan komentar anda di bawah postingan ini. 

Sumber Referensi :
https://www.dewaweb.com/blog/alexa-rank/