10# Strategi Sosial Media Marketing Dalam Bisnis
Di era Digital Marketing, Sosial media menjadi media pemasaran pertama yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan bisnis secara online.
Mengapa Harus di Sosial Media?
Banyaknya pengguna internet yang aktif di berbagai sosial media menjadikanya ladang target pasar pembisnis secara online. Baik itu di facebook, instagram, twitter, youtube, pinteres dan media digital lainya termasuk webite.
Kenapa Sosial Media Marketing Penting untuk Bisnis?
Sosial media marketing merupakan strategi paling efisien dan worth-it dikarenakan tidak mengenal skala bisnisnya. Baik bisnis bersekala besar ataupun bisnis yang bejalan sekala kecil. Untuk contohnya membuat iklan pada facebook, dan iklan di instagram.
Cara Memasarkan Produk Melalui Sosial Media
- Membangun Kredibilitas
- Menarik Pelanggan Yang Berpotensial
- Membangun Relasi di berbagai sosial media
- Membagikan konten yang sesuai dengan produk
- Membuat Konten yang Valueable
- Menggunakan gambar yang menarik
- Crowdsource Untuk Konten Menarik dan Otentik
- Berpartisipasi Dalam Kelompok dan Komunitas
- Berinteraksi Dengan Follower
- Fokus Pada Beberapa Platform Sosial Media yang Potensial
Strategi Sosial Media Marketing Untuk Bisnis
![]() |
Strategi Sosial Media Marketing Dalam Bisnis |
1. Sosial Media Kredibilitas
Anda bisa memulai menjalankan sosial media marketing ini dengan cara membangun brand awarenes. Tentu saja anda membutuhkan website untuk membangun brand awareness ini.
Apa saja itu brand awareness yang harus dilakukan unutk membangun bisnis?
- Tentukan Target Audien
- Membuat konten Terbaik secara detail :
- Pengertianya apa?
- Manfaatnya apa?
- Kelebihanya apa?
- Hasil akhirnya apa? - Buat konten yang akan menarik pertanyaan pengguna.
- Desain tampilan website menjadi mernari untuk memudahkan pengguna dalam navigasi.
2. Menarik Pelanggan Yang Berpotensial
Jika membuat aplikasi untuk pembelian produk yang anda jual tidak memungkin atau di anggap membutuhkan banyak biaya yang harus dikelaurkan. alternatif lainya anda bisa membuat aplikasi shop ini berjenis website.
Facebook Fans Page
Akun instagram
Website
- Dapat memberikan review yang positif terhadap produk yang dijual
- Mendatang calon pembeli tanpa harus beriklan di facebook / instagram (Dalam catatan harus menguasai SEO)
- Memberikan informasi yang akan membuat pelanggan mau membeli produk.
3. Membangun Relasi di Media Sosial
4. Membuat Konten yang Diakurasikan
Media sosial merupakan salah satu tempat dimana akurasi sebuah konten memiliki nilai yang sangat penting. Sehingga kamu harus bisa menjaga konten agar tetap relevan dan terus berkembang.
Proses akurasi sebuah konten juga merupakan proses untuk menemukan konten yang berkualitas dari seluruh website yang nantinya akan kamu bagikan di media sosial.
Kamu harus bisa memilih konten yang berkualitas dan bermanfaat. Mengakurasikan suatu konten sangatlah penting untuk dilakukan karena memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu dapat meningkatkan rangking SEO pada mesin pencari, membangun bisnis dengan baik, meningkatkan keterlibatan pada media sosial dan menambah jumlah followers.
5. Membuat Konten yang Valuable
Strategi pemasaran media sosial dikatakan efektif apabila bisa menyeimbangkan antara konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri.
Membuat konten sendiri memang memerlukan usaha yang lebih, tetapi apabila hal tersebut bisa kamu lakukan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan traffic terhadap website kamu. Website akan dikunjungi lebih banyak pembaca, sehingga bisa memperoleh review yang lebih baik.
Kamu harus bisa memastikan bahwa setiap bagian konten yang kamu buat telah memiliki pesan yang berharga bagi pembaca, sehingga mereka akan mengulang untuk mengunjungi website kamu.
Ciri konten yang valuable yaitu dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, dapat menyelesaikan masalah dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.
Dengan memposting konten yang valuable, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti reputasi bisnis semakin membaik, ranking SEO semakin tinggi, para influencer akan merekomendasikan konten bisnis kamu serta membuka peluang bagi bisnis kamu untuk bisa diliput oleh media.
6. Menggunakan Gambar Yang Menarik
Penggunaan gambar yang menarik akan dapat menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Gambar bisa kamu gunakan ketika membuat gambaran bisnis dan siapa saja orang-orang yang ada dibelakangnya.
Selain itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk mengedukasi pelanggan serta membuat informasi menjadi mudah dicerna bagi pelanggan.
7. Crowdsource Untuk Konten Menarik dan Otentik
Hal ini bisa kamu lakukan dengan membuat hashtag menarik terhadap bisnis kamu. Hashtag tersebut bisa kamu gunakan untuk melacak interaksi dengan pelanggan kamu.
8. Berpartisipasi Dalam Komunitas Online
Kamu juga bisa bergabung dengan kelompok dan komunitas online. Di komunitas ini, kamu bisa melakukan diskusi dengan pebisnis lain tentang bisnis yang sedang kamu jalankan.
Di sini kamu juga dapat bertanya mengenai solusi dari masalah-masalah bisnis yang sedang kamu alami.
Selain itu, kamu juga bisa menularkan pengetahuan bisnis yang kamu punya ke anggota komunitas yang lain.
9. Menggunakan Media Sosial Sebagai Ruang Untuk Percakapan
Tidak hanya bisa membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi yang berguna, tetapi media sosial juga membantu kamu untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan.
Kamu juga bisa menyimpan dokumentasi dari semua aktivitas penting di media sosial.
10. Batasi Platform Media Sosial Kamu
Salah satu tips yang juga penting untuk diperhatikan oleh bisnis skala kecil yaitu menemukan beberapa platform sosial media, di mana kamu bisa membangun eksistensi yang kuat di sana.
Banyaknya platform yang tersedia akan membuat kamu sulit untuk membangun keberadaan yang kuat di setiap platform.
Menggunakan banyak sosial media tanpa adanya fokus yang jelas juga akan sangat membuang waktu karena tidak akan memberikan hasil apapun.
Tidak ada gunanya, jika kamu menghabiskan banyak waktu dan sumber daya hanya untuk berinvestasi ke dalam sebuah platform yang hanya sedikit penggunanya.
Kamu bisa memaksimalkan usaha pada platform di mana kamu tahu bahwa pelanggan kamu banyak yang terlibat aktif didalamnya.
Nah, demikian 10 strategi media sosial marketing yang bisa kamu lakukan untuk bisnis kamu. Semoga bermanfaat!
Comments 0
Komontar spam & Berusur sara akan kami hapus...!
EmoticonEmoticon