-->

Apa Itu Copywriting? Lengkap Dengan Contoh Copywriter

Pernah dengan istilah Copywriting / Copywriter? Ya, dalam dunia elit marketing atau yang kita kenal dengan Online Marketing sudah pasti tidak asing lagi dengan Copywriting.

Dalam dunia online marketing. erat hubungan antara tulisan, foto, video,  yang kita buat dengan pembaca (calon pembeli).

Jika tulisan, foto ataupun video anda tidak menarik. hal itu dapat membuat konsumen atau calon pembeli anda ragu dengan produk yang anda tulisan tersebut.

disinilah Copywriting dibutuhkan untuk memperkuat / meyakinkan calon pembali dari berbagai media online melalui tulisan yang kita buat.

Secara garis besar.
Copywriting merupakan cara bagaimana kita bisa membuat konten tulisan agar dapat menarik perhatian calon pembeli.

Jika dunia ofline.
Copywriting ini sama saja dengan sales yang menjual / menwarkan suatu produk dor to dor.

Apa Itu Copywriting

Apa Itu Copywriting?
Apa Itu Copywriting?
Copywriting adalah salah satu teknik seni dalam menulis yang bertujuan untuk mendapatkan respon pembaca. Copywriting tidak terbatas hanya pada penulisan saja, melainkan juga dapat berbentuk foto, ataupun video. 

Menurut wikipedia, Copywriting merupakan tulisan yang dibuat oleh writer yang bertujuan komersil. Contuh Copywriting seperli iklan di website, majalah, koran, dan televesi.

Mengapa Membutuhkan Copywriting?

Halah cuman nulis saja di sosial media?
dulu waktu sekolah dari sd sampai kulian juga sudah tahu bagaimana cara menulis yang baik untuk  pembaca.

Tapi Copywriting itu beda dengan dengan pelajaran bahasa indonesia saat kita skolah dulu.
tetang aturan, cara nulis dan formatnya pun juga beda.

Apalagi anda hanya boleh menggunakan media brupa tulisan, gambar dan juga video tentu jauh lebih sulit dibading dengan plajaran sewaktu kita sekolah dulu.

Copywriting adalah sales online.
dengan teknik 2 barang yang anda jual sama persis tentu akan mendapatkan respon yang berbeda bergantung dari cara anda menulis barang tersebut.

apalagi anda yang akan mau berkerja di perusahaan dengan latar balakang marketing.

sudah dapat dipastikan apakah dengan istilah Copywriting?
saat di interview oleh HRD. 

Mengapa HRD menanyakan tetang copywriter?
karena semua prusaah juga membutuhkan trobosan pemasaran online dari berbagai platform seperti:
  1. Landing page
  2. AdWords
  3. Facebook Ads
  4. YouTube Ads
  5. Iklan TV dan radio
  6. Konten website
  7. Konten social media
  8. Konten email marketing
  9. dll

Itulah mengapa copywriter sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia. 

Cara Membuat Copywriting & Contoh CopyWriter

Membuat Copywriting ini menggunakan teknik AIDA (Perhatian, Minat, Keinginan, Tindakan).
admin akan mencontohakn pada kasus menjual jam tangan dengan target pembeli laki-laki.

Untuk contoh ini bisa anda sesuaikan dengan kasus yang sedang anda hadapi. semua bergantung pada produk atau barang jualaan anda.

Poin poin penting yang harus diketahui:
  1. Barang yang akan dijual itu apa.?
  2. Fungsinya?
  3. Pasarnya siapa?
  4. Keunikan.
  5. Kelebihan.
  6. Keunggualan. 
Jika 6 poin diatas anda benar-benar sudah mengusai. lanjutkan pada bagian step by stepnya dibawah ini.

1. Perhatian 

Tekni yang pertama harus anda kuasai adalah membuat kalimat atau kata yang nantinya dijadikan judul tulisan anda.

Anda dapat menggunakan judul seperti berikut :
  • Jam Tangan Pria Keren Dengan Harga Terjangkau 
  • Jam Tangan Pria Anti Air 
Tidak punya banyak uang untuk membeli jam tangan keren?

Jam Tangan Merk Cendol Dawet pilihan terbaik dengan harga murah yang dilengkapi  fitur anti air dapat mewujudkan impian anda untuk bisa mendapatkan jam dengan harga murah kualitas terbaik. 

2. Minat 

Langkah selanjutnya buat calon konsumen / pembeli anda tertarik dan mau untuk melanjutkan membaca tulisan yang anda buat.

Ingatkan dengan masalah "Harga Jam Tangan Mahal" dengan mengalihakn perhatian menyebutkan fitur jam murah yang anda jual agar lebih menarik calon pembeli.

Contohnya :

  1. Warna tidak mudah pudar berikan foto gambar (1 tahun sebelum digunakan + 1 foto setelah satu tahun digunakan)
  2. Menjadikan anda lebih keren dan PD (Berikan gambar Foto model jam tangan) 
  3. Anti air (gambar pendukung menyelupkan jam pada air)

3. Keinginan

Poin keinginan ini hampir sama dengan poin ke 2 (minat). hanya saja keinginan ini lebih memancing emosi pembeli agar segera membeli jam tangan anda. Berikut contohnya: 

Tidak harus mahal untuk mendapatkan jam tangan yang berkuliatas. 
jika yang murah saja memiliki fitur yang sema kualitas denganya yang mahal ngapain harus membeli yang mahal?

4. Tindakan 

Poin trakhir adalah mengambil tindakan ketika calon pembeli selsai membaca tulisan Copywriting yang sudah anda buat.

Biasanya yang paling banyak di sukai oleh calon pembeli adalah dengna memberikan tomblo action button whatsapp.

Namun ada beberapa opsi yang dapat anda pilih di antaranya:
  1. Tombol call / Info via whatsapp
  2. Info lokasi prusahaan / toko penjual
  3. Email 
  4. Harga 
Alangkah baiknya jika anda bisa memberikan semua informasi di atas agar dapat memperkuat calon pembeli bahwanya tulisan Copywriting yang sudah anda buat bukanlah HOAX. 
Bagaimana?
apakah anda sudah mengerti tentang pengertian Copywriting beserta tujuan dari Copywriting tersebut.

Silakan peraktekan sendiri. 
namun Copywriting juga ada hubungan eratnya dengan SEO tulisan yang anda buat. 

Posting Komentar